Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2013, 16:35 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Ketika sedang mengalami tekanan pikiran akibat stres dari pekerjaan atau masalah hidup lainnya, biasanya orang langsung mengatasinya dengan makan enak. Camilan seperti cokelat, cookies, atau es krim, dijadikan pelepas hormon stres di tubuh Anda.

Jika Anda punya kebiasaan seperti ini, coba perhatikan kapan Anda melakukannya. Sebab Anda bisa membahayakan tubuh jika ngemil pada jam-jam atau hari-hari khusus.

* Minggu malam, yang dikenal sebagai "pre-Monday blues". Minggu malam telah diidentifikasi sebagai waktu nyaman kita untuk makan sebagai penghiburan diri untuk menyambut hari kerja selanjutnya. Justru, waktu inilah yang harus Anda hindari, karena akan merusak diet dan meningkatkan hormon penambah berat badan.

* Zona bahaya diet lainnya adalah antara pukul 15.00 -17.00.

* Hari Jumat, Sabtu, dan Minggu adalah hari terburuk untuk diet.

* Melewatkan sarapan dan mengalami hari yang buruk di tempat kerja akan memengaruhi keputusan Anda makan secara berlebihan. Diketahui, 65 persen orang mengatakan akan mengambil sebungkus biskuit jika mereka mengalami hari yang buruk di kantor.

* Makan berlebihan kerap terjadi saat atau setelah makan malam. Kemungkinan orang makan berlebihan saat makan malam adalah sebesar 65 persen, dan 3 persen melakukannya saat sarapan.

* Rata-rata, orang makan dua tambahan camilan setelah makan. Sepertiga dari mereka yang menikmati makanan karena kenyamanan akan berusaha mengalahkan rasa lapar dengan mengambil sebungkus keripik, biskuit, sepotong roti panggang, atau camilan cokelat.

Apakah Anda melakukan hal yang serupa seperti di atas? Coba cek kembali dan mulailah menghindarinya agar berat badan tidak melonjak naik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com