Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2013, 10:08 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Masih bingung memilih waktu yang tepat untuk berolahraga? Lima alasan ini bisa menjadi motivasi Anda mengapa sebaiknya Anda berolahraga di waktu pagi.

1. Mencegah ngemil.
Studi di Brigham Young University meneliti 18 perempuan dengan berat badan normal, dan 17 perempuan penderita obesitas, selama dua hari. Di hari pertama para perempuan ini berolahraga 45 menit di waktu pagi. Mereka melakukan jalan cepat di treadmill, kemudian mereka melihat 240 foto, 120 di antaranya foto makanan dan 120 lagi foto bunga. Para peneliti kemudian mengamati pilihan makanan dan level aktivitas para perempuan ini seharian.

Pada hari kedua penelitian, yang berselang satu minggu, para perempuan ini diperlihatkan foto yang sama, namun tanpa olahraga sebelumnya. Para peneliti juga mencermati pilihan makanan dan aktivitas mereka.

Diketahui bahwa baik perempuan dengan berat badan normal maupun penderita obesitas mengalami respons otak yang lebih lamban terhadap foto makanan. Alih-alih tergoda makan mereka justru melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga selama 45 menit.

2. Tubuh lebih fit seharian.
Berolahraga di pagi hari sebelum bekerja membuat badan Anda fit seharian. Anda bugar sepanjang waktu bekerja, dan masih fit untuk beraktivitas di malam hari.

3.Lebih disiplin.
Olahraga di waktu pagi sebelum Anda terganggu dengan berbagai hal, baik di tempat kerja maupun di luar itu, membuat Anda lebih konsisten dan disiplin berolahraga.

"Olahraga sebelum berangkat kerja membuat Anda lebih rutin dan disiplin bangun pagi untuk beraktivitas fisik," jelas Cedric Bryant, PhD, kepala sains di dewan olahraga Amerika.

4. Tubuh lebih berenergi.
Mayo Clinic mengungkapkan olahraga membantu tubuh untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke otot dan organ tubuh lainnya. Artinya sistem kardiovaskular tubuh Anda berfungsi dengan efektif, meningkatkan energi.

5. Merangsang kerja otak.
Olahraga punya dampak jangka pendek dan jangka panjang. Penelitian menunjukkan manfaat jangka pendek dari berolahraga di antaranya meningkatkan fungsi memori menjadi lebih baik. Jadi, kalau Anda olahraga di pagi hari, kerja otak lebih berfungsi dan ini bisa menggantikan kafein yang kerap dipilih untuk menyegarkan pikiran di waktu pagi.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com