Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2013, 11:39 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Apakah Anda termasuk orang yang pemalu atau bahkan sedikit tertutup? Jika ya, cobalah untuk lebih terbuka dari sekarang. Sebab, menurut sebuah penelitian, perempuan yang pemalu cenderung berpotensi untuk memberikan air susu ibu (ASI) yang sedikit pada buah hatinya nanti dan dapat merugikan kesehatan si bayi.

Studi itu melihat antara hubungan kepribadian dan kemampuan menyusui seorang perempuan. Mereka yang bersifat pemalu dan tertutup memiliki rasa tidak percaya diri dalam menyusui. Mereka cenderung akan beralih ke cara alternatif dalam memberikan makan pada anak, misalnya dengan susu formula.

"Mereka yang bersifat seperti itu biasanya mengalami cemas atau stres sehingga sulit untuk menyusui dan merasa bahwa mereka tidak bisa mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan," kata para peneliti.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa para perempuan yang memiliki sifat tersebut membutuhkan bantuan dan pendidikan agar bisa memberikan anak mereka kehidupan awal yang baik karena menyusui baik untuk kesehatan ibu maupun bayinya.

ASI selama ini diketahui mampu melindungi terhadap penyakit perut, infeksi dada, asma dan alergi, dan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari. Selain itu, ASI juga mampu meningkatkan IQ bayi.

Banyak masalah yang dapat memengaruhi seorang ibu untuk mampu menyusui bayinya dalam jangka waktu lama. Ibu yang mendapatkan banyak dukungan dari lingkungannya akan lebih merasa percaya diri dan tahu cara mengatasi masalah yang mungkin dihadapi untuk memberikan ASI bagi bayinya.

Pemimpin studi ini, Dr Amy Brown dari Swansea University, meneliti kepribadian dari 602 ibu yang di antaranya memiliki bayi berusia enam sampai 12 bulan melalui metode kuesioner. Para peneliti juga menanyakan berapa lama kebiasaan menyusui itu menjadi sikap dan pengalaman mereka.

Data yang dikumpulkan selama tiga bulan menunjukkan ibu yang memiliki sifat ekstrover (terbuka) dan secara emosional stabil, kemungkinan akan memberikan ASI bagi bayi mereka dalam kurun waktu yang lama. Sementara perempuan yang memiliki sifat introver (tertutup) dan sedikit cemas akan lebih cenderung menggunakan susu formula atau hanya menyusui untuk sementara waktu.

"Pesan penting dari studi ini adalah beberapa ibu mungkin menghadapi tantangan lebih besar dengan menyusui berdasarkan kepribadian mereka,” ujar Dr Brown, yang memublikasikan studi ini di Journal of Advanced Nursing.

"Meskipun mungkin ingin menyusui bayinya lebih lama, mereka (ibu introver) membutuhkan dukungan lebih lanjut dalam meningkatkan kepercayaan diri dan belajar bagaimana untuk memecahkan masalah," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com