Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2013, 16:03 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Setelah liburan panjang dalam rangka Lebaran, tanpa disadari berat badan kita bertambah. Jika tak ingin kebablasan, tentu Anda harus segera memperbaiki pola makan Anda. Tetapi, bisakah kita menurunkan berat badan ke angka normal hanya dalam waktu satu minggu?

Bisa saja sih, asal Anda menerapkan tujuh langkah berikut ini.

Senin: Kurangi makanan kemasan
Saat ingin mengonsumsi makanan kemasan, membaca label kemasannya adalah wajib. Jika Anda tidak mengetahui pasti bahan-bahan pembuatnya, coba batasi konsumsinya. Lebih baik Anda mengonsumsi makanan segar dan kurangi porsinya sedikit demi sedikit.

Selasa: Hindari minuman manis atau bersoda
Minuman alkohol atau bersoda bukan hanya membuat Anda dehidrasi (karena membuat Anda jadi sering buang air kecil), melainkan juga tinggi kalorinya. Selain itu, Anda juga jadi lebih sulit menahan keinginan ngemil. Menurut penelitian, perempuan akan mengonsumsi lebih banyak kalori setelah minum alkohol.

Rabu: Perbanyak makan serat
Makanan berkarbohidrat sungguh menggoda, tetapi sebaiknya diimbangi juga dengan asupan serat yang banyak. Sebab, serat terbukti dapat membuat Anda kenyang dalam waktu yang lama. Jadi, minumlah yogurt atau perbanyak sayuran dalam makanan Anda.

Kamis: Makan sering, tetapi sedikit
Makan terus dalam sehari memang membantu Anda untuk mengurangi rasa lapar, tetapi juga bisa menggemukkan badan secara perlahan. Untuk mengatasi rasa lapar, cobalah untuk makan tiga kali dengan porsi yang kecil (antara 300 sampai 350 kalori setiap sajian), ditambah dengan dua camilan dengan porsi 100 sampai 150 kalori.

Jumat: Konsumsi kuah
Brokoli, bawang, dan paprika menyebabkan gas dalam perut atau kembung. Netralisasikan dengan sayuran yang tinggi kandungan airnya, seperti mentimun, bayam, dan asparagus. Buah-buahan kaya kalium seperti pisang dan jeruk juga bisa meredakan kembung.

Sabtu: Perbanyak minum air
Sel menahan air untuk masuk ketika asupan air yang dikonsumsi tidak cukup. Biasakan untuk minum air setidaknya dua sampai tiga liter dalam sehari. Maka, secara perlahan air akan mengalir ke dalam aliran darah sebelum disaring melalui lever sehingga Anda tidak akan buang air kecil setiap lima detik.

Minggu: Konsumsi protein
Kesehatan tubuh diperoleh dari sarapan yang kaya protein sehingga bisa memberikan energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jadi, mulailah untuk sarapan dengan oatmeal setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com