Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2013, 10:18 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Libur Lebaran sudah berlalu. Anak-anak harus kembali memulai aktivitas belajar di sekolah. Hanya saja, ibarat kendaraan setelah lama tak digunakan, mesinnya masih dingin dan harus dipanaskan sebelum bisa bekerja maksimal. Begitu pula dengan kondisi anak-anak setelah liburan.

Salah satu cara "memanaskan" otak si kecil adalah dengan ke piknik ke taman pintar atau edutrip. Ini pasti bisa membantunya belajar namun dengan cara yang menyenangkan. Berikut beberapa lokasi yang bisa membantu mengajaknya belajar sambil bermain.

1. Kebun raya
Lingkungan yang asri dan alami di kebun raya pasti jadi tempat yang menyenangkan untuk keluarga. Selain itu, kebun raya bisa jadi tempat yang tepat untuk memberi pelajaran pada anak. Misalnya, belajar tentang berbagai jenis tanaman dan manfaatnya, perkembangan bunga dan tumbuhan, dan lainnya.

Anak-anak pasti senang berlari-lari di antara rerimbunan pohon dan tanaman yang ada di sana. Ini juga akan membangun semangat anak dan membantunya mendapatkan udara yang segar. Di Indonesia, ada beberapa kebun raya, antara lain Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Bedugul, dan lainnya.

2. Kebun binatang
Kebun binatang menyediakan semua kesenangan dan ilmu pengetahuan untuk semua kalangan usia. Di sini, Anda bisa memelajari jenis hewan, makanan, dan habitat mereka. Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung atau bahkan menyentuhnya secara langsung.

3. Perpustakaan atau toko buku
Toko buku dan perpustakaan bisa menjadi lokasi tujuan edutrip yang murah meriah. Duduklah bersama anak-anak, dan ambil buku bacaan favorit masing-masing. Setelah selesai membaca buku, mintalah mereka menceritakan versi pendek dari buku yang mereka baca. Untuk anak yang lebih tua, mintalah mereka membaca buku sejarah atau buku ilmiah.

4. Museum
Museum bisa jadi menjemukan bagi sebagian orang. Hanya saja, jika dikemas dengan lebih atraktif, museum ini bisa jadi lokasi belajar yang menyenangkan. Ikuti saja program tur di museum, dan simak pelajaran dan informasi yang diberikan oleh tour guide.

5. Supermarket
Lokasi yang satu ini pasti terbilang cukup menyenangkan untuk Anda. Selain untuk belanja, supermarket juga bisa jadi tempat anak belajar. Termasuk belajar ilmu pengetahuan, kesehatan, dan matematika.

Ketika mengambil satu kantung terigu, misalnya, bacalah label kemasannya. Kemudian jelaskan kepada si kecil manfaat nutrisi tersebut. Anda juga bisa mengajarkan bagaimana memilih buah yang sudah ranum, memilih makanan beku yang baik, jenis buah-buahan, sampai berapa jumlah kembalian dari belanjaan Anda.

6. Lahan pertanian
Selain udara yang segar dan pemandangan yang sangat indah, lahan pertanian juga bisa membantu anak lebih dekat dengan alam. Di sini, anak bisa belajar tentang cara menanam aneka pohon buah dan sayur, cara merawat, serta cara memanennya.

7. Penangkaran hewan
Beberapa lokasi penangkaran hewan seperti penyu, ikan, burung, kupu-kupu, biasanya punya jadwal rutin untuk mengajak pengunjung melepas hewan ke alam bebas bersama-sama. Nah, momen ini bisa dimanfaatkan anak untuk belajar.

8. Pasar
Meski sudah ada supermarket, namun pasar tradisional masih punya tempat tersendiri di hati ibu-ibu. Entah karena produknya lebih segar, atau harganya yang lebih murah. Nah, untuk itu Anda bisa mengajak anak untuk berbelanja di pasar. Selain mengenali jenis produk yang jarang ada di supermarket, anak juga bisa belajar berinteraksi dengan orang lain, termasuk pedagang.

9. Restoran
Jangan pikir kalau restoran hanya tempat untuk makan saja. Sebagai orangtua, Anda harus pandai mencari momen pembelajaran untuk anak. Melalui menu makanan misalnya, Anda bisa mengajarkan pentingnya menyantap sayuran dan buah, mengajarkan warna-warna, atau bahkan mengajak mereka melihat proses pembuatan makanan melalui open kitchen di restoran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com