Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2013, 21:40 WIB
T:
Bagaimana cara menanggapi teman atau rekan kerja yang jika diberi arahan untuk tugas kerja tetapi tidak mendengarkan kita? Teman kerja saya itu seorang laki-laki. Apakah saya harus marah atau diam saja menunggu reaksi dari teman tersebut? Mohon masukannya. Terima kasih. (Mei, 29)

J:
Mbak Mei, menghadapi rekan kerja yang tidak mendengarkan arahan kita adalah kondisi yang tidak mengenakkan. Tentu saja kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Harus ada solusi untuk menyelesaikannya. Hanya saja kita harus bijaksana dalam menghadapinya, bukan?

Nah untuk menghadapi kondisi ini, pertama kenalilah penyebabnya. Jika ia tidak mau mendengarkan arahan Anda, ajaklah ia bicara empat mata. Tanyakan kepadanya, apa yang membuatnya tidak mau mendengarkan arahan Anda. Dengarkanlah sepenuh hati penjelasannya. Biarkanlah ia dengan panjang lebar menjelaskan isi hatinya.

Tulislah point-point yang ia keluhkan. Lalu refleksikan kepada diri Anda. Benarkah apa yang ia keluhkan selama ini? Adakah andil kesalahan kita dalam hal ini? Jika memang kita punya andil kesalahan dalam hal ini, akuilah dan mintalah maaf kepadanya.

Setelah itu giliran Anda mengungkapkan penilaian obyektif Anda kepadanya. Tunjukkan sikap dia mana saja yang tidak mendengarkan arahan Anda. Ceritakan akibat dari sikapnya itu dan siapa saja yang harus menanggung kerugian atas sikapnya itu.

Kedua, ajaklah ia berubah dengan cara merubah sikapnya. Tunjukkan kepadanya bahwa ia adalah karyawan yang berpotensi. Hanya saja ia harus merubah sikapnya. Karena sikap menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Ceritakan kepadanya hal-hal positif darinya. Karena setiap diri kita pasti memiliki hal positif. Dan tugas Anda adalah mengenalinya, mengakuinya dan menghargainya. Sebagai seorang atasan, sikap ini sangat kita butuhkan guna memberi contoh pada tim kita.

Ketiga, apresiasi setiap perubahan positifnya sekecil apapun itu. Ungkapkan kepadanya tentang hal-hal positif yang sudah berubah darinya. Dan sampaikan terima kasih atas usahanya ini. Selamat melangkah!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis Buku Best Seller ‘Dahsyatnya Kemauan’
www.ainyfauziyah.com
www.ainymotivationclass.com         

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com