Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2013, 15:55 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Makin banyaknya peralatan yang dibawa seperti gadget, notebook, atau smartphone, membuat pria beralasan mesti membawanya dengan tas yang punya kapasitas besar. Tas tangan atau totebag pun jadi pilihan. Malu? Itu dulu, sekarang pria yang menggunakan totebag, termasuk dari desainer ternama, dianggap mengikuti tren dan perkembangan jaman.

Bahkan di Inggris, melalui riset yang dilakukan NPD Group baru-baru ini, diketahui pembelanjaan pria akan totebag meningkat tajam. Bagi industri fashion, ini menguntungkan karena penjualannya dalam tiga tahun terakhir naik hingga 957 juta dollar AS.

Kesan feminin menjadi bias ketika sejumlah publik figur yang macho pun mengenakannya. Meski masih ada pria yang tetap memilih backpack, tapi angkanya mulai lebih kecil dibanding yang memilih totebag.

Beberapa selebriti yang menggunakan totebag antara lain Ryan Reynolds, Hugh Jackman, Jay Z, dan Kanye West. Mereka menenteng tas tangan dari sejumlah desainer terkenal seperti Erwin Fieger dari Paul Smith, Phillip Lim, Louis Vuitton, dan atau Rag & Bone.

Marshal Cohen, analis industri dari NPD mengungkapkan, makin banyaknya pria yang menenteng tas tangan tak lain disebabkan oleh kebutuhan, karena mereka juga mulai membawa banyak peralatan gadget. Karenanya mereka merasa butuh tas berkapasitas besar dan mudah dibawa ke mana-mana, selain karena alasan lebih modis.

Menariknya, ini juga berkaitan dengan makin populernya para pria yang mengenakan jeans ketat. Hal ini kemudian menjadi penyebab mereka perlu kantong untuk menaruh kunci, ponsel, dan lainnya. Untuk itulah mereka membutuhkan totebag yang berkapasitas besar.

"Dengan perubahan fashion dan lifestyle, pria pun sekarang butuh tas yang lebih besar, dan melirik totebag,"ujarnya.

Ada enam totebag yang saat ini dinilai populer di kalangan pria. Di antaranya ada J Crew Abingdon, berbahan cotton-canvas, dan kulit seharga 100 dollar AS. Kedua, Paul Smith Erwin FIeger Binocular Print Holdall, yang bermotif cetak senilai 660 dollar AS.

Lalu ada 3.1 Phillip Lim Journey flap messenger senilai 995 dollar AS. Keempat, Rag & Bone Rugged Briefcase warna abu-abu di 450 dollar AS. Kemudian, tas Jack Spade Windowpane, warna putih dengan sling hitam seharga 275 dollar AS, serta Zara Oiled sporty shopper warna krem, senilai 79,90 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com