Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2013, 14:00 WIB
KOMPAS.com - Menurut ahli pemasaran ada 10 warna yang bisa memengaruhi kebiasaan belanja seseorang. Apa sajakah itu?

1. Hitam.
Warna ini memberikan kesan glamor dan elegan. Tak heran warna ini banyak digunakan oleh gaun model Little Black Dress (LBD). Warna ini juga mendominasi kemasan make up merek berkelas. Bahkan warna hitam kemasan dapat membuat produk kosmetika yang harganya murah menjadi terlihat lebih mahal.

2. Merah.
Meskipun banyak gerai memakai warna ini, para ahli pemasaran tetap mengingatkan bahwa seperti rambu lalu lintas "Stop" warna merah dapat membuat konsumen berhenti berkunjung. Pasalnya, warna merah juga berfungsi sebagai alarm yang memicu seseorang untuk lebih cermat mempertimbangkan pengeluaran.

3. Kuning.
Warna ini banyak dipakai restoran cepat saji karena kuning bisa membangkitkan energi dan meningkatkan nafsu makan. Memang, ketika melihat warna ini, perut mulai mengerang seolah meminta makanan.

4. Biru.
Banyak orang menyukai warna biru karena memberi efek menenangkan dan membawa perasaan damai. Warna ini juga memberi konotasi kepercayaan dan keandalan. Tak heran biru menjadi warna favorit logo dan warna perusahaan dari banyak lembaga keuangan.

Dengan warna biru, lembaga keuangan berusaha membuat orang merasa aman untuk menyimpan dana mereka. Biru juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

Menurut sebuah studi di tahun 2003 yang diterbitkan dalam Jurnal Riset Bisnis, 15 persen pelanggan akan kembali ke lembaga keuangan dengan dominasi warna biru daripada warna oranye.

5. Ungu.
Warna ini banyak ditemui dalam industri kosmetika. Produk kecantikan yang dikemas dalam warna ungu bisa menggoda konsumen dengan seolah berkata bahwa produk tersebut memiliki keistimewaan dan berharga untuk dimiliki.

6. Hijau.
Para penjual biasanya menggunakan warna ini untuk menarik para pelanggan yang peduli pada lingkungan. Namun tak semua produk berwarna hijau ramah lingkungan.

7. Burgundy.
Warna ini pasti akan mengingatkan kita pada sesuatu yang mewah dan anggun. Coba saja lihat red wine. Warna ini juga mencerminkan kelembutan dan kehangatan. Jadi, jangan heran jika warna ini banyak digunakan untuk warna sprei, bed cover, atau gorden merek ternama. Begitu pula dengan "sepupunya", warna coklat, yang banyak diincar untuk produk serupa.

8. Oranye.
Warna ini berhubungan dengan kesetaraan dan keterjangkauan. Itu sebabnya, Anda akan menemukannya di gerai yang menawarkan nilai lebih.

9. Merah muda.
Warna manis ini memang memberikan efek menenangkan sehingga banyak digunakan produk permen. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Psychiatry Orthomolecular, warna merah muda akan memperlambat sistem kerja endokrin dan melemaskan otot yang tegang bagi orang yang melihatnya. Lalu,  bagaimana warna ini bisa memengaruhi gaya belanja Anda? Yang pasti warna ini akan membuat Anda lebih santai saat mengeluarkan uang dari dompet.

10. Putih.
Warna putih menunjukkan kesederhanaan dan kemurnian. Terbukti 75 persen produk perawatan kulit merek terkenal dikemas dalam wadah putih. Warna ini juga menunjukkan modernitas dan kejujuran. Itu sebabnya salah satu merek gadget terpopuler menggunakan warna ini.

(Majalah Chic/Erna Dwi K)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com