Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2013, 09:42 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com - Sampo dan kondisioner saja kini tak cukup untuk merawat rambut agar tetap indah dan sehat. Semakin banyak produk perawatan rambut yang menawarkan khasiat-khasiat tertentu. Padahal jika jeli, Anda juga bisa merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Khasiatnya tak kalah dahsyat!

1. Telur
Banyak produk perawatan rambut yang mengandung telur. Telur akan membantu membuat rambut Anda lebih lembut, dan bercahaya secara alami. Tetapi bukankah adonan telur berbau amis? Tidakkah rambut akan menjadi amis jika memakai bahan ini?

Enggak juga kok. Karena yang dipakai putih telurnya saja. Campur putih telur dengan jus lemon dan madu. Kocok sampai rata. Oleskan pada rambut, diamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

2. Cuka apel
Cuka apel biasanya digunakan untuk mengatasi rambut yang rusak atau kering. Cuci rambut dengan menggunakan cuka apel ini setelah pemakaian sampo.

3. Yogurt
Yogurt tak cuma bermanfaat untuk pencernaan, tapi juga rambut. Yogurt tawar bisa digunakan untuk mengatasi beragam masalah rambut seperti ketombe, pecah-pecah, gatal, kulit kepala kering, dan lain-lain. Yogurt juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut.

4. Baking soda
Baking soda alias soda kue bisa digunakan sebagai pelembab kulit kepala. Campurkan baking soda dengan menggunakan air, sampo, dan kondisioner. Campuran ini bisa digunakan untuk membersihkan kulit kepala, dan mencegah uban.

5. Lemon
Aplikasi jus lemon dan minyak rambut ke kulit kepala akan membantu mengatasi banyak masalah rambut dan kulit kepala seperti gatal, kering, dan berketombe.

6. Madu
Madu bisa digunakan untuk membantu mengembalikan kilau dan kelembutan rambut. Bahan yang satu ini bermanfaat sebagai moisturizer untuk rambut.

7. Tepung maizena
Tepung maizena bisa digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang berminyak. Caranya, tuangkan bubuk tepung maizena ke kulit kepala, kemudian sisir rambut agar tepung ini menyebar rata di kepala. Tepung akan mengikat minyak yang ada di kulit kepala sehingga bisa mengurangi minyaknya. Selain maizena, Anda juga bisa menggunakan bedak bayi tabur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com