Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2013, 07:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kini, Anda bisa menemui banyak varian minyak goreng di pasaran. Misalnya, minyak sayur, minyak sawit, minyak canola, minyak biji bunga matahari, sampai minyak zaitun.

"Minyak canola, biji bunga matahari, dan zaitun memang diklaim lebih sehat dibanding yang lain," jelas Chef Arnold Poernomo, saat peluncuran Fiesta Seafood di fX, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2013) lalu.

Semua jenis minyak ini dibedakan dari bahan baku utama pembuatannya. Karena bahan bakunya yang berbeda ini, beda minyak jadi beda titik didih dan titik terbakarnya (burning point). Secara tak langsung, hal ini menyebabkan minyak jadi punya fungsinya masing-masing.

"Meski sama-sama minyak untuk makanan, tapi tidak semuanya bisa dipakai untuk menggoreng. Khususnya untuk menggoreng deep fried," jelasnya.

Ia menambahkan, semua jenis minyak ini bisa digunakan untuk menumis. Karena saat menumis panasnya tidak terlalu tinggi, dan prosesnya hanya berlangsung sebentar.

Namun minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk menggoreng dengan teknik deep fried (menggoreng dengan minyak banyak dan panas). Sekalipun dianggap paling sehat, namun minyak zaitun memiliki burning point yang lebih rendah dibanding minyak goreng lainnya. Jadi, ketika terus-menerus dipanaskan akan mudah terbakar dan mengubah rantai molekul di dalamnya. Ini akan membuat minyak tak lagi aman untuk kesehatan.

Selain itu, minyak yang cepat terbakar ini akan membuat makanan cepat gosong, padahal bagian dalamnya belum matang.

"Minyak canola dan biji bunga matahari masih bisa dipakai untuk deep fried," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com