Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2013, 11:36 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.comTahun ini, Citi Indonesia bersama UKM Centre FE UI kembali menggelar Citi Micro-entrepreneurship Award (CMA). Ini merupakan ajang apresiasi pemberian penghargaan tahunan buat wirausahawan mikro untuk seluruh daerah di Indonesia. 
 
Agung Laksamana, Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, mengungkapkan kalau CMA berawal  dari tahun 2004. Awalnya gelaran award ini ditujukan untuk yang di kota saja, namun kemudian mendapat perhatian banyak pihak dan ada masukan diperluas. Tahun berikutnya meluas ke berbagai daerah.
 
CMA sendiri cukup sukses di berbagai di dunia, karena dihelat di banyak negara. Hingga tahun ini, setelah sembilan tahun, 28 negara ikut serta. Di Indonesia sendiri ada kucuran dana hingga 600ribu dollar AS buat para pemenang. Sejak pertama kali digelar, sudah terjaring 4400 peserta dan 82 pemenang. 
 
Ada empat kategori penghargaan, yakni wirausaha mikro perempuan, wirausaha mikro sosial, wirausaha mikro berwawasan lingkungan, dan wirausaha mikro pelestarian budaya. Di samping itu, ada dua penghargaan khusus, untuk wirausaha mikro terbaik dan lembaga keuangan mikro terbaik. 
 
"Ada tiga tujuan dalam CMA ini, yakni untuk mengapresiasi usaha yang dijalani, menjadikan skema sukses untuk menginspirasi, serta bagaimana usaha ini memberi kontribusi besar terhadap lingkungan sekitar," ujar Agung, di Solo Lounge, Grand Sahid Jaya Hotel Indonesia, Jakarta Rabu (28/8/2013).
 
CMA terbuka untuk seluruh wirausaha yang memiliki omzet tidak lebih dari Rp 100 juta per tahun atau penghasilan bersih maksimal Rp 3 juta perbulan. Usaha yang dijalankan bisnis utama bukan sampingan dan sudah dijalani minimal dua tahun pada 30 September 2013
 
Untuk mendaftar, peserta direkomendasikan oleh Lembaga Keuangan Mikro, BPR, LSM, Dana Bergulir dari Pemerintah, Program Kemitraan BUMN, PNPM dan lainnya. Pendaftaran berlangsung dari bulan Juni hingga 30 September 2013 (cap pos) dengan mengisi formulir dan mengirimkan ke UKM Center FEUI, Panitia Lomba CMA 2013, Gedung Perpustakaan FEUI Lantai Dasar Kampus Baru UI Depok atau email lomba-cma@ukm-center.org. Info lengkapnya bisa juga diakses di www.ukm-center.org
 
Pemenang pertama dan kedua setiap kategori akan mendapatkan hadiah uang sebesar 20 juta rupiah dan 15 juta rupiah. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 11 Desember 2013. * 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com