Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2013, 16:36 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Orangtua era kini memiliki pola baru dalam pemilihan pengasuh anak. Jika pada generasi sebelumnya, babysitter berusia 14 dan 34 menjadi usia rata-rata, kini babysitter usia 20 yang paling banyak dicari.

Situs MyVoucherCodes.co.uk mengungkapkan orangtua semakin lebih waspada terhadap para babysitter. Faktor usia kemudian menjadi pertimbangan orangtua dalam memilih pengasuh anak.

Jajak pendapat di Inggris yang mensurvei 1.798 orangtua dengan anak 10 tahun atau di bawahnya ini mengungkapkan, sebagian besar mempekerjakan babysitter untuk membantu mengurus anak mereka.

Penelitian ini mengungkapkan 71 persen orangtua memiliki babysitter untuk mengasuh anak-anak mereka. Sementara 51 persen orangtua mengaku meminta bantuan kakek-nenek mereka untuk mengasuh. Sedangkan 32 persen lainnya mengatakan mereka meminta tolong ke bibi atau paman untuk merawat anak-anak mereka . Dan sebanyak 26 persen mengatakan memohon bantuan dari seorang teman untuk mengasuh anak mereka .

Angka ini mengalami pergeseran signifikan dibandingkan era generasi sebelumnya. Menurut studi yang sama, dulu, usia rata-rata babysitter adalah 34 tahun. Para orangtua yang menjadi responden riset ini juga mengungkapkan, di eranya, anggota keluarga termuda yang paling sering mengasuh mereka (55 persen). Hanya 37 persen responden yang mengaku pernah diasuh babysitter. Sedangkan pengasuhan oleh kakek dan nenek hanya dialami oleh 21 persen responden. Selain kakek nenek, anak-anak di era lampau juga diasuh oleh anggota keluarga lebih tua (21 persen). Pengasuhan oleh teman orangtua juga hanya dialami 15 persen responden.

Lantas apa yang membedakan alasan pemilihan pengasuh anak antara generasi dulu dan kini? Dulu, para orangtua cenderung tak percaya kepada orang lain dalam mengasuh anak. Alhasil mereka lebih memilih menitipkan anak kepada keluarga, terutama kakek dan neneknya. Sementara orangtua masakini, meski mulai percaya kepada babysitter, mereka tetap waspada. Sebanyak 21 persen orangtua menganggap babysitter yang berusia muda kurang bertanggung jawab.

Mark Pearson , Direktur situs MyVoucherCodes.co.uk , berkomentar, "Apakah rata-rata usia babysitter cerminan masyarakat modern sekarang? Sayangnya, kami pikir itu iya. Beberapa tahun yang lalu, orangtua lebih suka meninggalkan anak-anak mereka dan memberikan tanggung jawab pada kakak tertua, atau meminta tolong anak remaja di lingkungan sekitar untuk membantu menjaga anak mereka, karena mereka pun bisa mendapatkan uang saku tambahan.”

Ia melanjutkan, tampaknya hal itu sudah hilang, kini para orangtua lebih percaya menggunakan jasa babysitter profesional untuk membantu mengasuh anak-anaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com