Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2013, 22:36 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

 

KOMPAS.com — Blueberry adalah buah berbentuk bola kecil nan kaya manfaat. Buah ini dikenal sebagai buah dengan antioksidan yang tinggi. Di samping itu, blueberry memiliki khasiat lain yang akan mendorong orang untuk lebih rajin mengonsumsinya.  

1. Meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut sebuah studi, blueberry ternyata mengandung antioksidan yang lebih banyak dibanding sayur dan buah lainnya. Antioksidan ini baik untuk daya tahan tubuh, dengan cara menetralkan radikal bebas akibat racun ataupun rokok. Manfaat antioksidan ini dihasilkan dari pigmen penghasil warna biru pada blueberry. 

2. Stimulasi otak. Rajin mengonsumsi blueberry dapat membuat otak bekerja lebih aktif dan lebih pintar. Hasil studi juga mengatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi blueberry dapat meningkatkan daya ingat di kemudian hari.

3. Baik untuk kulit kering. Pada ranah kecantikan, blueberry menyumbangkan salah satu manfaat penting lainnya, yakni menghaluskan tekstur kulit. Caranya mudah saja, campurkan dua sendok teh blueberry dengan gula merah dan tiga sendok jus lemon.

4. Membantu menajamkan penglihatan. Konsumsi dua buah blueberry setiap hari akan menghindari diri dari risiko menurunnya penglihatan pada mata akibat penambahan usia. 

5. Jantung sehat. Blueberry mengandung bahan yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan konsumsi lima sampai enam buah setiap minggu, akan membantu menurunkan risiko terjangkit serangan jantung.

6. Menurunkan gula darah. Buah blueberry merupakan buah dengan indeks glycemic rendah, yang baik untuk regulasi gula darah, terutama bagi mereka penderita diabetes. Konsumsi lima buah ini setiap hari, dan Anda akan merasakan manfaat positifnya pada tubuh.

7. Mencegah kanker. Dengan rajin mengonsumsi setengah cangkir jus blueberry setiap hari, kandungan anthocyanin-nya dapat mencegah penyakit kanker. 

8. Mencegah infeksi di saluran kemih. Seperti buah cranberry, blueberry juga baik untuk mencegah bakteri atau infeksi kandung kemih. 

9. Menghilangan lemak di perut. Dengan bahan polyphenol yang ditemukan di dalamnya, blueberry berkhasiat menurunkan lemak berlebih sekitar perut dan mengurangi masalah pada metabolisme tubuh. Karena kandungan kalorinya yang rendah, buah ini baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang tengah menjalani program diet. 

10. Mengobati selulit. Buah blueberry mentah mengandung empat gram fiber. Serat yang ada di dalamnya lebih mudah diserap dibandingkan dengan air sekalipun. 

11. Baik untuk tulang. Buah blueberry mengandung bahan manganese yang baik untuk tulang sehingga ampuh dalam menguatkan tulang dan Anda pun akan terhindar dari risiko terkena keropos.  

sumber: fitnes

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com