Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Martha Tilaar Lebih Sederhana dengan Mengapresiasi Karyawan

Kompas.com - 04/09/2013, 17:25 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Perayaan hari jadi ke-43 Martha Tilaar Group (MTG) dan ulang tahun ke-75 pendirinya, Dr Martha Tilaar, berlangsung lebih sederhana, namun tak menghilangkan kemeriahan juga keistimewaannya.

Jika tahun lalu perayaan HUT MTG dan Martha Tilaar berlangsung di hotel berbintang lima bernuansa mewah, kali ini kantor pusat Martha Tilaar Group di Jalan Pulo Kambing II No 1 Kawasan Industri Pulogadung menjadi pusat kemeriahannya.

Tepat pada hari ulang tahun Dr Martha Tilaar, 4 September 2013, sejak pagi, seluruh karyawan Martha Tilaar Group mengikuti rangkaian kegiatan seperti gerak jalan. Jelang siang, pemotongan tumpeng menjadi acara puncak perayaan hari ulang tahun ini. Usai memanjatkan doa, Dr Martha Tilaar memotong tumpeng ditemani putra putrinya, termasuk Kilala Tilaar yang juga merayakan ulang tahun pada 2 September.

"Ulang tahun kali ini tidak mewah tapi lebih terasa kebersamaannya. Saya senang karena semua orang menunjukkan kecintaannya terjadap produk dalam negeri, mereka juga bangga berada di perusahaan dalam negeri," tutur Dr Martha kepada sejumlah media di sela acara, Rabu (4/9/2013).

Apresiasi
Dr Martha juga mengaku terhibur dengan kreativitas karyawannya dalam merayakan hari ulang tahunnya. Meski tak ada pesta kejutan seperti pada ultah ke-75 tahun lalu, Dr Martha tetap memberikan apresiasinya.

"Saya tidak tahu mereka joget apa tadi, tapi kreatif," tuturnya mengapresiasi karyawan yang melombakan tarian ala Caesar yang dipopulerkan lewat sebuah program di televisi swasta dan sedang marak di khalayak luas.

Apresiasi tak hanya diberikan kepada karyawan dalam pelaksanaan kegiatan hari jadi perusahaan kosmetika asli Indonesia, dan pendirinya ini. Merayakan tahun ke-43, Martha Tilaar Group juga memilih mengapresiasi karyawan yang berdedikasi, alih-alih menggelar pesta ulang tahun di tengah situasi bisnis yang tak menentu akibat turunnya nilai rupiah belakangan.

Bryan David Emil Tilaar, Direktur Utama PT Martina Berto, Tbk mengatakan apresiasi selalu diberikan setiap tahun. Namun tahun ini fokus utamanya pada karyawan.

"Ultah 75 tahun memang spesial, dan tidak tiap tahun kami membuat ultah yang spesial karena nanti tidak lagi spesial jadinya. Kami harus 'tahu diri' merayakan sesuatu dalam suasana kegembiraan tapi tidak terkesan mewah dalam situasi di 2013 yang tidak pasti ini," ungkapnya.

Pada perayaan ulang tahun kali ini, Martha Tilaar Group memberikan apresiasi kepada karyawan yang bukan sekadar loyal, tapi juga memiliki perilaku baik, berdedikasi, produktif, dan berprestasi.

Sementara bagi Wulan Tilaar, Direktur Martha Tilaar Spa, mengatakan karyawan punya arti penting bagi perusahaan. Karenanya mengapresiasi karyawan yang loyal dan mau mengembangkan diri menjadi fokus perayaan tahun ini.

"Kami tak mungkin bekerja sendiri tanpa karyawan. Apresiasi yang diberikan kepada karyawan, kebetulan saya juga tahu satu per satu dedikasi dan prestasi mereka. Ada yang dulunya driver sekarang menjadi brand manager. Mereka berdedikasi dan bangga menjadi bagian Martha Tilaar Group," ungkapnya.

Menurut Wulan, apresiasi diberikan kepada karyawan yang berdedikasi tinggi bukan semata berdasarkan lama bekerja. Meski begitu, mereka yang mendapatkan apresiasi rata-rata telah bekerja selama 12 hingga 34 tahun di Martha Tilaar Group.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com