Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2013, 16:57 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Your Tango

Kompas.com -
Saling mencintai dan menghormati adalah dua saran yang sering disampaikan bagi pasangan yang ingin memiliki pernikahan langgeng. Meski begitu banyak yang tidak mengetahui bagaimana menerapkan nasehat itu dalam praktek sehari-hari.

Setiap pernikahan pasti akan menghadapi ujian, tetapi jangan biarkan ujian itu memudarkan cinta Anda berdua. Simak apa saja yang harus dihindari agar pernikahan Anda tetap hangat dan kompak.

1. Menutup pintu komunikasi
Bagaimana Anda mengharapkan masalah bisa selesai tanpa adanya komunikasi yang jelas. Luangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan ucapan pasangan sebelum memberikan respon. Seringkali kita mudah masuk ke dalam pertentangan karena bersikap terlalu reaktif dan takut.

Diperlukan kesadaran penuh sebelum Anda menyampaikan ucapan, terutama saat hati sedang marah. Tanyakan pada diri sendiri apakah respon yang diberikan bertujuan untuk merekatkan hubungan atau memang untuk mengendalikan pasangan. Sampaikan secara jelas dan rinci apa yang diinginkan sehingga ditemukan solusi yang tepat.

2. Berpendapat tugas pasangan adalah membuat Anda bahagia
Memberi tanggung jawab pada orang lain untuk membuat Anda selalu bahagia adalah tidak realistis dan tidak adil. Andalah yang seharusnya memahami diri sendiri. Mulailah mencintai diri apa adanya. Jika Anda mulai mencintai diri dari dalam, rasa frustasi dan marah pada hal di luar Anda akan berkurang.

3. Mengabaikan keintiman
Setiap pasangan pasti pernah mengalami perbedaan pendapat dan kecewa. Pada periode konflik ini, adalah penting untuk tetap menjaga keintiman. Bagi sebagian orang, sentuhan hangat di tangan lebih berharga dari pada ribuan kata-kata. Ekspresikan cinta Anda melalui perkataan dan tindakan. Yang tak kalah penting, Anda dan pasangan harus mampu saling mendukung.

4. Menghambat perkembangan pasangan
Setiap makhluk hidup memiliki siklus, tak terkecuali manusia. Sudah menjadi hukum alam, jika Anda tak berkembang maka Anda akan mati. Dalam hidup kita akan terus mendapat pengalaman baru dan ini bisa mengubah kita.

Saat Anda mendapati pasangan berubah dan berkembang, mungkin Anda akan merasa terancam. Tetapi yakinlah bahwa setiap orang harus berkembang. Anda pasti juga akan membutuhkan dukungan yang sama.

5. Lupa meluangkan waktu
Jika Anda dan pasangan merasa tak perlu meluangkan waktu untuk bersama, besar kemungkinan pernikahan Anda akan menghadapi krisis. Kita adalah makhluk sosial dan secara almiah selalu ingin menghabiskan waktu bersama orang yang kita pilih. Karena itu, sesibuk apa pun Anda berdua, nikmatilah waktu berdua.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Your Tango
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com