Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsentrasi Anak Tinggi Berkat Jalan Kaki atau Bersepeda ke Sekolah

Kompas.com - 11/09/2013, 14:23 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.comAnak-anak yang berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah akan memiliki konsentrasi lebih tinggi, dan berdampak positif pada kemampuan akademik mereka. Demikian hasil penelitian dari dua universitas di Denmark.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang pergi ke sekolah menggunakan mobil atau transportasi umum, memiliki tingkat konsentrasi yang lebih buruk dibandingkan mereka yang mengambil rute yang lebih aktif seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Dengan jalan kaki atau bersepeda ke sekolah, anak sebenarnya sedang berolahraga. Penelitian ini juga menemukan bahwa olahraga teratur dapat membantu anak menjadi lebih cerdas.

Hasil studi ini sekaligus membuktikan bahwa faktor yang memengaruhi konsentrasi siswa bukan hanya sarapan dan makan siang. Olahraga pun punya dampak besar terhadap konsentrasi, termasuk jalan kaki dan bersepeda.

"Tingkat konsentrasi anak meningkat empat jam setelah anak-anak berolahraga dengan jalan kaki dan bersepeda menuju sekolah," kata Niels Egelund, salah satu penulis penilitian tersebut.

Ia menambahkan, "Untuk murid yang duduk di kelas tiga, jika mereka berolahraga dan bersepeda ke sekolah, kemampuannya untuk berkonsentrasi meningkat menjadi setara dengan anak-anak yang berada di kelas empat."

Studi ini melibatkan 19.527 murid berusia lima sampai 19 tahun. Peneliti menanyakan responden mengenai kebiasaan olahraga mereka, kemudian memberi tes dasar pengukuran konsentrasi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com