Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2013, 14:54 WIB
KOMPAS.com - IPK tinggi bukan satu-satunya jaminan untuk bisa diterima bekerja. Apalagi persaingan di dunia kerja kini begitu ketat. Selain kemampuan akademis, ada lima hal lain yang bisa menjamin Anda diterima bekerja di perusahaan impian.

1. Penampilan.
Buatlah foto diri untuk CV yang bagus dan menarik. Begitu pun saat panggilan wawancara kerja datang. Selain rapi, sesuaikan pakaian dengan posisi yang Anda lamar.

2. Cepat merespons.
Pasang telinga, fokus, dan berpikir cepat sangat penting saat menghadapi wawancara kerja. Jawaban yang lama sekalipun benar, akan mengurangi nilai Anda di mata pewawancara.

3. Jawaban cerdas.
Kemampuan berpikir cepat harus diimbangi dengan pengetahuan dan wawasan luas, sehingga Anda bisa memberikan jawaban yang tepat.

4. Kontak mata.
Saat wawancara kerja, usahakan selalu menjaga kontak mata. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai dan tidak menyepelekan.

5. Kepercayaan diri.
Ini adalah salah satu kunci penting. Penampilan Anda yang percaya diri akan langsung menarik perhatian pewawancara dan membuat mereka merasa tertarik untuk tahu lebih banyak tentang diri Anda bahkan tak segan memberi kesempatan pada Anda.

(Majalah Chic/Bestari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com