Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Anak Balita Bangun Kebiasaan Menyikat Gigi

Kompas.com - 13/09/2013, 14:43 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

Kompas.com — Sedini mungkin anak harus sudah diajarkan menggosok gigi. Banyak orangtua yang masih menganggap hal ini sepele, apalagi jika anak masih balita. Mengajarkan kebersihan, terutama kebersihan gigi, memang tidak mudah. Maka dari itu, kami suguhkan beberapa kiat menarik tentang bagaimana melatih anak agar terbiasa menggosok gigi.

Mengelap gigi si kecil

Ketika bayi mulai tumbuh gigi, Anda harus mulai membiasakan diri untuk mengelap giginya sehabis makan dengan menggunakan waslap basah. Sementara itu, saat Anda memandikannya, pastikan Anda menggunakan kain lap yang bersih untuk membersihkan gigi si kecil. Dengan kebiasaan tersebut, keinginan si kecil akan terbangun untuk selalu menjaga kebersihan giginya setelah mengonsumsi makanan berat.

Menyikat gigi

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan gigi anak balita Anda. Ketika mereka mulai tumbuh gigi, Anda dapat membeli sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk dia. Saat akan membeli peralatan sikat gigi, Anda harus mengingat kebutuhan yang sesuai dengan usia anak Anda. Pilih juga pasta gigi yang tidak memiliki kandungan keras untuk anak.

Pilih-pilih warna sikat gigi

Sekarang sikat gigi untuk anak dikemas dan dirancang begitu menarik. Warna-warna terang menjadi pemikat perhatian anak, dan pasta gigi dengan varian rasa yang manis bisa Anda perkenalkan agar ia tertarik. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengajarkan si kecil agar terbiasa menggosok gigi.

Buat aktivitas menyikat gigi menyenangkan

Jangan memaksa anak saat ia enggan menyikat gigi. Cara paling ampuh adalah memberikan contoh padanya. Perlihatkan bahwa menggosok gigi tidak menyakitkan. Secara perlahan, pasti ia akan mengikuti kebiasaan Anda tersebut.

Air hangat

Anda juga bisa memberikan anak balita Anda air hangat untuk kumur-kumur. Air hangat dapat membunuh semua bakteri yang hadir di dalam mulut. Namun, jangan menambahkan garam pada air tersebut karena dapat merusak perkembangan gigi anak.  

Nah, bagaimana menurut Anda? Tidak susah bukan? Selamat mencoba!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com