Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2013, 14:17 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com — Jenis kelamin anak-anak memainkan peran penting dalam pola mengasuh anak. Jika Anda memiliki sepasang anak putra dan putri, penting untuk mengetahui pentingnya jender dalam pengasuhan.

Ini karena anak lelaki dan perempuan berbeda dalam sikap, minat, dan pola pikir. Sebagai orangtua, penting untuk memahami perbedaan tersebut, bukannya mencoba untuk menerapkan aturan yang sama guna membesarkan anak-anak Anda.

Ada beberapa cara dalam membesarkan anak-anak Anda sesuai dengan jenis kelamin dan usia mereka. Karena, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Lihat minat mereka

Liat minat dan ketertarikan masing-masing anak Anda, dan berikan mereka sesuai dengan kebutuhannya. Anak lelaki pada umumnya lebih tertarik pada kegiatan yang bersifat fisik, sementara anak perempuan menyukai kegiatan yang membutuhkan ketekunan.

Umur

Pola pikir anak lelaki dan anak perempuan berbeda. Menerapkan teknik pengasuhan yang sama untuk kedua putra dan putri adalah ide yang salah. Bila Anda menerapkan sesuatu yang bekerja pada putri berusia enam tahun, mungkin cara yang sama tidak akan berhasil pada anak lelaki Anda ketika dia berusia enam tahun.

Kegiatan fisik

Dalam hal aktivitas fisik, anak lelaki memiliki minat terhadap jenis permainan dan olahraga yang berbeda pula. Anak lelaki umumnya lebih tertarik pada olahraga yang menguji ketangkasan, sementara anak perempuan ingin terlibat pada permainan yang aman.

Perilaku

Pernahkah Anda terkejut melihat bahwa sebagian besar teknik pengasuhan yang Anda lakukan berhasil pada anak perempuan Anda, tetapi tidak pada si jagoan? Hal ini karena perbedaan dalam perilaku mereka. Jangan berharap anak lelaki bereaksi dengan cara yang lembut seperti putri Anda.

Meski begitu Anda juga tidak boleh melarang anak laki-laki untuk menangis atau memakai pakaian berwarna ceria. Sebaliknya, jangan paksa anak perempuan harus selalu menurut atau melarangnya bermain di luar rumah. Bagaimana pun orangtua harus tetap bisa bersikap fleksibel.

Perkembangan biologis

Anak laki-laki dan perempuan berbeda dalam perkembangan mental dan fisik berbeda.  Sebagai orangtua, Anda harus mengajarkan pendidikan biologis yang tepat guna membantu anak memahami perubahan dalam tubuh mereka sesuai dengan jenis kelamin masing-masing.

Kedekatan

Banyak yang mengatakan bahwa anak laki-laki lebih dekat dengan ibu mereka dan anak perempuan lebih dekat dengan ayah. Kondisi ini bisa berubah saat mereka menjadi remaja, untuk itu Anda sebagai orangtua harus siap menerima perubahan ini dan tidak menetapkannya kembali seperti waktu mereka kecil.

Kegemaran

Meskipun hal ini tidak begitu umum, kesukaan atau kegemaran mereka menjadi salah satu tantangan utama bagi orangtua yang memiliki sepasang anak lelaki dan perempuan. Penuhi kebutuhan yang sesuai dengan kesukaan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com