Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2013, 10:23 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com — Saat perut sudah terasa nyaman dan kenyang adalah waktu terbaik untuk berbelanja. Belanja dengan perut kosong bisa membuat konsentrasi terpecah dan sifat impulsif cepat keluar.

Sifat impulsif terutama muncul saat kita belanja makanan. Saat lapar muncul keinginan untuk makan makanan berkalori tinggi dan kurang sehat sehingga tanpa sadar kita memasukkan berbagai makanan dan jajanan kurang sehat ke dalam keranjang.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam JAMA Internal Medicine, terbukti orang yang belanja saat lapar biasanya berakhir dengan membeli lebih banyak makanan berkalori.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 68 orang yang tidak makan sebelum belanja. Waktu belanja yang ditentukan adalah sebelum makan siang, antara makan siang dan makan malam, serta setelah kenyang makan siang dan makan malam, yang merupakan waktu paling lapar.

Hasilnya, orang yang tidak makan siang dan langsung belanja membeli lebih banyak makanan. Karena itu isilah perut sebelum melangkah ke pusat perbelanjaan. Jika belum waktunya makan, tak ada salahnya ngemil.

Untuk menghindari sifat kompulsif karena tidak tahan dengan godaan di toko, bekali diri dengan daftar barang-barang yang harus dibeli. Ini berlaku juga jika Anda akan berbelanja baju. Catat benda-benda apa saja yang Anda perlukan secara spesifik, misalnya perlu atasan putih atau belt warna hitam.

Batasi waktu belanja Anda, yakni tidak lebih dari 1,5 jam. Karena lebih dari itu Anda bisa tergoda membeli barang yang tidak diperlukan.

Selamat berbelanja.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com