Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obabiyi Aishah : Muslimah Indonesia Beruntung Memiliki Banyak Pilihan Hijab dan Busana Muslim

Kompas.com - 23/09/2013, 11:38 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Di negara asalnya Nigeria, Obabiyi Aishah Ajibola mengaku dirinya dan perempuan muslim lainnya tidak punya banyak pilihan dalam berbusana. Jauh berbeda dengan muslimah di Indonesia yang semarak dengan pilihan gaya hijab dan busana muslim lainnya

Aishah yang juga memiliki hobi merancang busana muslimah ini, mengaku bahwa dikarenakan minimnya pilihan busana muslimah, ia dan adik perempuannya kerap memadumadankan jaket dan rok panjang seadanya. “Yang penting menutup aurat” ujarnya sembari tersipu.

"Selama berada di Indonesia, saya melihat banyak pilihan busana muslim dan dari situ saya mendapat banyak inspirasi," ujarnya saat berkunjung ke kantor redaksi Kompas.com, di Palmerah Selatan, Jakarta, pada hari Jumat (20/9/2013).

Sebelum mengikuti ajang World Muslimah 2013, Aishah kebetulan menekuni hobi merancang. Selain hobi, lingkungan sekitarnya juga mendorong mahasiswi jurusan tata kota University of Lagos, Nigeria ini untuk mendesain sendiri busana muslim.  Beruntung, karena keluar sebagai pemenang World Muslimah, Aishah mendapatkan beasiswa mempelajari fashion design di sekolah mode Imelda Sparks Fashion Academy selama satu tahun.

Eka Shanty, pendiri World Muslimah Foundation mengungkapkan beasiswa ini menjadi bagian dari hadiah yang diterima Aishah sebagai pemenang World Muslimah 2013. Sekolah mode ini termasuk salah satu institusi yang bergengsi dan berlisensi internasional. Harapannya, selepas studi dan tak lagi menyandang gelar duta muslimah dunia, Aishah bisa terus mengembangkan potensinya sebagai salah satu desainer busana muslim di Nigeria.

"Akan menjadi satu kebanggaan tersendiri, ketika Aishah nantinya bisa memberi kontribusi pula buat negaranya," tambah Eka.

Pengalaman mengenakan busana muslim dari beberapa desainer Indonesia selama masa karantina dan malam pemilihan World Muslimah juga menjadi masukan buat Aishah. Katanya, perempuan muslim di Indonesia termasuk beruntung dengan adanya banyak pilihan berbusana dan bisa tampil gaya. Hal yang sama juga ia inginkan terjadi di Nigeria.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com