Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuniek Mawardi: Koleksi Busana Muslim dari Tenun Troso

Kompas.com - 28/09/2013, 13:14 WIB
Rahman Indra

Penulis

Nuniek mengolah kain tenun Troso asal Jepara, Jawa Tengah menjadi busana muslim dengan keragaman bentuk dan warna, serta aksesori yang unik sebagai penutup kepala. Kain-kain tenun itu seperti tidak dijahit, namun dilipat dan dibungkus, dengan gaya yang berbeda.

"Saya mencoba mengekplorasi kain tenun dari Troso dengan teknik yang mengadopsi konstruksi arsitektur yang membungkus, melindungi atau melipat,” ujar Nuniek saat ditemui di Hotel Hilton, Bandung, Jawa Barat sesaat sebelum show-nya dimulai, Jumat (27/9/2013).

Kedengarannya sangat rumit, namun sebenarnya tidak. Nuniek hanya mencoba menghadirkan bentuk baru dari olahan tenun dengan mengacu pada gaya yang lebih modern. Simpel dan tidak ribet tampilannya. Kalau menurut dia, koleksi busana yang hadir kali ini muncul dengan prinsip antara kebaya, kimono dan sarung,

Kain tenun Troso itu lalu dijadikan gaun panjang serta padu padan antara atasan dan rok atau celana. Untuk memberi aksen elegan, Nuniek seperti sengaja bermain dengan pilihan warna yang didominasi kuning, hijau army, serta indigo. Dengan tambahan sulaman yang dibuat tangan ia menempatkannya di beberapa bagian busana.

Sebagai pelengkap aksesori, Nuniek mencoba membuat tampilan berbeda (yang tentunya mencuri perhatian dengan topi anyaman dari pandan. Dia menyebut adalah anyaman Tasik yang membuatnya berpikir kenapa tidak coba hadirkan dalam koleksinya kali ini.

Tema “Arc” diambil Nuniek dari kata arsitektur yang menurutnya sarat dengan struktur. Dan dari permainan struktur itu kemudian hadir dalam koleksi busana yang penuh unsur geometrikal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com