Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2013, 19:32 WIB
D. Syafrina Syaaf

Penulis

Kompas.com – Karate identik dengan seni bela diri yang didominasi oleh kaum pria. Selain memberikan dampak positif untuk tubuh, ternyata juga bisa melatih disiplin diri.

Untuk mencapai sukses dalam hidup selain kerja keras, juga diperlukan mental yang merefleksikan  rasa percaya diri dan disiplin. Dua sikap mental tersebut bisa didapatkan dengan berlatih seni bela diri. Karena ilmu bela diri dikenal sebagai olahraga yang memberi banyak ‘tekanan’, agar pelakunya terbiasa untuk disiplin dan cepat mengambil keputusan.

Selain itu, dari segi kesehatan, olahraga ini juga melatih keseimbangan dan kekuatan semua otot tubuh. Berikut tiga kunci ‘rahasia’ yang akan meningkatkan kemampuan mental dan fisik Anda:

Latihan dan terus latihan

Sma seperti olahraga bela diri yang lain, latihan karate melibatkan seluruh anggota tubuh sehingga otomatis membntuk otot-ototnya, melancarkan metabolisme, dan meningkatkan asupan oksisgen ke seluruh sel hingga tubuh pun terasa lebih bugar, yang merupakan modal pertama dalam memenuhi aktivitas sehari-hari

Bernapas dengan benar

Yang dimaksud di sini bukan sembarang bernapas, tetapi bernapas dengan benar (dalam, perlahan dan dengan postur tubuh tegak). Napas yang benar akan meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh, membuang karbondioksida, dan membuat pikiran lebih segar dan tajam, yang merupakan modal kedua dalam berkarya.

Peregangan dan pemanasan

Berguna untuk melemaskan otot-otot agar terhindar dari cedera. Lakukan pemanasan dan peregangan selama 15 menit, sebelum dan sesudah latihan inti. Mintalah pelatih Anda untuk mengajarkan bagaimana caranya melakukan peregangan dan pemanasan dengan benar.

Sumber : SHAPE

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com