Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2013, 17:03 WIB

Kompas.com - Banyak orangtua, terutama yang baru memiliki anak pertama, ingin merayakan ulang tahun pertama anak mereka sebagai momen untuk bersyukur. Bentuknya bisa berupa perayaan meriah atau sekadar kumpul-kumpul dengan keluarga saja. Meski begitu, ada baiknya Anda juga menyiapkan perayaan ulang tahun pertama anak agar lebih berkesan.

1. Lokasi

Sebaiknya pilih lokasi luar ruang yang tidak terlalu jauh dari rumah, seperti taman restoran yang luas atau bahkan halaman rumah kita sendiri. Jika kita pilih tempat wisata terdekat dan memilih paket pesta yang tersedia, tentu kita tidak akan dibuat repot untuk manajemen acara dan konsumsi.

Di luar tamu yang akan diundang, semua persiapan pesta dari A-Z sudah diurus oleh pengelola. Begitu juga jika kita menyerahkan penyelenggaraan pesta ke EO, maka semua tetek bengek pesta ultah akan sudah ditangani. Namun, keduanya biasanya membutuhkan biaya tidak sedikit. Sebagai alternatifnya, fungsi EO dilakukan oleh orangtua atau kerabat dekat dan pestanya diselenggarakan di halaman terbuka (halaman rumah, halaman perumahan, atau kebun raya) yang hanya memungut biaya sedikit.

Namun, pastikan kondisi areanya aman, ditumbuhi rumput tebal, berpasir, atau tanahnya rata, tidak terdapat benda-benda tajam atau batu-batu berserakan tidak tertata. Selain itu, pastikan ada tempat untuk bersih-bersih, ganti popok, dan tempat ibu menyusui. Juga arealnya cukup untuk menampung tamu undangan. Ingat, mengundang satu orang bayi atau balita sama dengan mengundang tiga hingga empat orang: babysitter-nya, kedua orangtua, bahkan mungkin kakaknya pun tak mau ketinggalan datang.

Karena itu, pastikan juga di lokasi acara ada area nyaman untuk anak tidur, misalnya tikar yang dilapisi kasur tipis di bawah tenda atau pohon rindang. Akan lebih baik lagi bila lokasi acara dilengkapi fasilitas bermain, sehingga kakak si bayi dan anak-anak yang datang bisa beraktivitas tanpa merasa bosan.

2. Acara & permainan

Sebaiknya acara pesta tidak terlalu lama, maksimal dua jam dengan susunan acara yang fleksibel. Akan lebih baik bila waktunya singkat tetapi acaranya padat, langsung ke inti acara, yaitu sambutan tuan rumah plus potong kue dan nyanyi bersama, lalu acara permainan, makan-makan, dan terakhir bagi-bagi hadiah.

Selain itu, siapkan permainan khas alam yang sarat manfaat antara lain permainan latihan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi tubuh (physical development), serta sosialisasi dan interaksi (emotional/social development). Sesuaikan permainan dengan kemampuan bayi. Supaya meriah, MC harus bersikap interaktif dengan para undangan, menyelipkan cerita-cerita lucu khas anak-anak, dan hafal lagu-lagu anak-anak dan bisa bernyanyi dengan cukup baik. Sebagai pembangun suasana, putarkan terus musik atau lagu anak-anak yang bernada riang.

Beberapa permainan yang dapat dijadikan pilihan antara lain:

· Lomba makan. Contoh, kita tempatkan piring berisi makanan si kecil di hadapan anak-anak, lalu  minta mereka untuk adu cepat menghabiskan makanan. Tidak perlu menunggu sampai ada yang menghabiskan makanan, melainkan cukup lihat bayi mana yang paling banyak menyuapkan makanan ke mulut, maka dialah yang menjadi juara.

· Lomba berdiri di pasir/rumput. Minta bayi yang sudah bisa berdiri untuk unjuk kebolehan ini. Bayi-bayi yang sudah dapat berjalan bisa diminta berjalan ke satu tujuan.

· Bila acara diadakan di tempat wisata alam, kita dapat mengadakan acara adventure. Acara ini bisa dinikmati semua undangan, bayi, orangtua bayi, bahkan kakak si bayi. Mereka kita ajak untuk berpetualang; berjalan di sebatang bambu/kayu, memanjat jaring laba-laba, naik turun tangga, berjalan di air, hingga mencari harta karun di pasir, dan acara lain sesuai paket yang tersedia. Tentu ini semua dilakukan bersama dengan orangtua. Atau juga fieldtrip untuk mengenalkan semua fasilitas yang ada di lokasi dengan berjalan kaki atau naik kendaraan.

3. Pernak-pernik acara

Pastikan tempat pesta benar-benar bernuansa alam. Jika lokasi kurang asri, dandani dengan pernak-pernik alami yang mendukung seperti tanaman dalam pot,  kolam air kecil sementara, atau kolam pasir untuk bermain. Foto-foto bayi berukuran besar dengan pigura cantik dapat diletakkan di sekitar lokasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com