Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2013, 15:37 WIB
Rahman Indra

Penulis


Kompas.com - Namanya hampir sama, namun tenun Endek asal Bali berbeda dengan tenun Ende, Nusa Tenggara Timur. Kali ini, desainer Malik Moestaram memberikan nuansa yang manis lewat olahan kain tenun Endek menjadi gaun yang cantik.

Tenun Endek asal Bali memiliki warna yang cerah dan motif unik. “Tenun Endek Bali itu berbeda dari tenun Ende, motifnya unik ada yang gemetris, kotak-kotak dan wajik, saya melihat tenun ini punya potensi besar untuk digali lebih jauh,” ujar Malik Moestaram, desainer.
 
Di tangan Malik, kain-kain itu kemudian mewujud menjadi busana yang apik. “Saya sudah kepincut sejak awal melihat, karena kain tenun Endek sungguh cantik, tinggal saya desain bagaimana ia menjadi lebih sempurna,” ujarnya saat ditemui disela-sela peragaan di ajang Fashionality 2013 yang diusung Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), di Hotel Hilton Bandung, Sabtu (28/92013).

Malik memamerkan koleksi gaun dari tenun Endek ini dalam peragaan yang didukung oleh Bank BJB, bersama tiga desainer lainnya, yakni Nuniek Mawardi, Susan Zhuang dan Rudy Liem. Gaun-gaun cantik itu didominasi warna-warna terang dari mulai kuning, oranye, ungu, biru dan merah.

Malik menempatkan tenun di bagian dada, lalu dipadu padankan dengan rok mengembang yang melambai. Sebagai hiasan, ia menambahkan batu-batu kristal dan metal menyerupai bros emas di beberapa bagian seperti di dada, lengan dan pinggang.

Salah satu gaun yang mencolok adalah warna oranye one shoulder yang menjuntai melambai. Gaun ini sebelumnya dikenakan oleh Miss Cyprus yang berlaga di ajang Miss World 2013 yang berlangsung di Bali beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, desainer yang juga koreografer untuk Fashionality 2013 ini menampilkan 15 busana yang didominasi gaun panjang. Selain bisa digunakan untuk pesta, tidak menutup kemungkinan bisa juga jadi pilihan alternatif gaun untuk pesta pernikahan.

Menurut Malik, koleksi terbarunya ini ia beri tema “The B”, yang bisa menjadi luas apakah B untuk Bali dan atau B untuk beautiful (cantik). Dan memang koleksi dari olahan kain tenun Endek ini memberi kesan cantik buat yang mengenakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com