Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 3 Langkah Ini untuk Miliki Kulit Awet Muda

Kompas.com - 10/10/2013, 11:08 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Shine

Kompas.com - Siapa yang tidak menginginkan kulit yang selalu kencang dan awet muda. Kulit yang mulai kendur dan berkerut membuat wajah tampak tidak segar bahkan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Untuk mendapatkannya diperlukan perawatan kulit sejak dini. Berikut adalah 3 langkah yang sebaiknya mulai dilakukan untuk mencegah penuaan kulit.

1. Pakai retinoid
Saat ini cukup banyak produk yang mengandung retinoid, zat anti-aging yang sudah terbukti secara ilmiah mampu mencegah keriput. Retinoid berasal dari vitamin A dan cenderung dapat diterima pada hampir semua jenis kulit. Gunakan krim malam yang mengandung retinoid dan lihat dampaknya pada kulit.

2. Gunakan sunscreen
Tinggal di negara tropis yang berlimpah sinar matahari sebenarnya baik untuk kesehatan tulang. Tetapi di lain pihak sinar matahari juga musuh bagi kulit karena dapat membuat kulit kusam dan bintik kehitaman di wajah. Selalu gunakan tabir surya atau sunscreen dengan kadar SPF yang memiliki kemampuan menghalangi sinar UV.

3. Tambahkan serum
Di usia 20-an, mungkin kita sudah merasa sangat memperhatikan kulit dengan menambahkan krim mata selain memakai moisturizer. Tetapi di usia 30-an, tambahkan dengan serum. Dalam dunia kecantikan, serum memiliki kemampuan untuk meresapkan zat-zat aktif ke dalam lapisan kulit terdalam. Konsentrasi zat aktif dalam serum juga 10 kali lipat dibandingkan krim wajah biasa.

Serum memiliki banyak manfaat, mulai dari melembabkan wajah, menyamarkan kerutan, sampai membuat kulit lebih kenyal dan kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com