Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2013, 12:07 WIB

Kompas.com - Seorang wanita mengeluhkan perilaku kekasihnya yang tidak serius dengan kehidupan dan pekerjaannya. Apalagi selama 8 tahun hubungan tersebut, dan sempat putus selama 2 tahun, kekasihnya ini juga gemar meminjam uang.

Meski kesal karena kelakukan kekasih, namun wanita ini enggan memutuskan hubungan karena takut tidak bisa mendapat pria lain yang lebih baik, mengingat usianya sudah menginjak 27 tahun. Apa yang harus dilakukan?

Simak jawaban psikolog Sani B. Hermawan, Direktur Lembaga Konsultasi Daya Insani, seperti dimuat dalam majalah Chic.

Jika saya amati, hubungan Anda yang cukup lama menandakan Anda berdua memang cocok satu sama lain. Ini juga terbukti ketika Anda sulit move on. Namun kebiasaan malas bekerja dan senang berutang juga tidak bisa diabaikan. Sebab ini menjadi masalah penting ketika Anda berdua menikah.

Walaupun bisa disiasati dengan perjanjian pranikah, namun bukan menjadi solusi terbaik. Anda perlu menilik kembali kebiasaan pasangan yang buruk ini. Apakah sudah menjadi karakter yang sulit diubah? Ataukah masih ada celah kemungkinan untuk diperbaiki?

Anda bisa bedakan berutang karena emergency ataukah karena habit? Jika sudah menjadi kebiasaan dalam keluarganya, besar kemungkinan hal ini sudah menjadi pola hidupnya. Jika demikian, saya rasa Anda perlu berpikir lebih jauh lagi untuk menikah dengannya.

Usia 27 tahun masih memiliki peluang besar untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik. Percayalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com