Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2013, 10:42 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

 

KOMPAS.com -  Masa kehamilan pasti banyak cerita. Dari mulai pengalaman saat pertama tahu hamil. rasa mual-mual hingga mengalami ngidam. Sembilan ibu hamil berbagi ceritanya lewat 9mums.com, dan yang lain pun bisa turut serta.

“Minggu ini benar-benar melelahkan karena setiap hari saya sampai rumah jam 8 malam dan tidur jam 12 malam. Di dalam store tempat saya bekerja, saya seringkali duduk karena sudah tidak kuat berdiri lama-lama, perut di bagian bawah rasanya sakit dan berat. Saya sempat meminum obat anti kontraksi untuk mengurangi rasa sakitnya.”

“Waktunya cek dokter. Saya sudah dijadwalkan untuk USG 4 dimensi, tetapi ternyata sang baby ngumpet menghadap ke belakang jadi dokter tidak bisa melihat. Di usia kehamilan 29 minggu, berat bayi 1,6 kg, dan berat ibunya naik 10 kg,,,hehehe, saya sebenarnya tidak terlalu khawatir dengan berat saya tapi kalau berat baby terlalu besar, saya khawatir seperti anak saya yang pertama dia lahir dengan berat 37,5 kg dan masih betah di dalam perut walaupun sudah pembukaan 6.”

Demikian Amanda Tiza berbagi cerita mengalami kehamilan yang dialaminya. Cerita Amanda tersebut tak kalah seru dibanding delapan ibu hamil lainnya, yang bisa dibaca di laman 9mums.com. Mereka yakni;  Atya Zahra (24 tahun), Daisy Ardiana (30 tahun), Indah Sari Basya (28 tahun), Jeanne Ario (38 tahun), Lonna Verciana (35 tahun), Lydya Aprilia (23 tahun), Marisa Tumbuan (43 tahun), dan Marista Santividya (28 tahun).

Sembilan ibu hamil ini menjadi tokoh utama dalam peluncuran situs komunitas 9mums.com yang digawangi PT. Fonterra Brands Indonesia.

“Setiap ibu hamil pasti punya banyak cerita, dan 9mums ini akan bisa menjadi wadah buat mereka untuk berbagi dan sekaligus bertemu dengan ibu-ibu hamil lainnya yang mungkin mengalami hal yang sama,” ujar dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Sales PT. Fonterra Brands Indonesia, saat peluncuran situs di restoran Palalada, Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Situs 9mums.com dilengkapi dengan buku harian (diari) digital pribadi, ada juga video perjalanan kehamilan, serta informasi seputar dunia kehamilan yang terpercaya.

“Banyak hal-hal yang tidak dimengerti orang lain yang saya rasakan selama hamil. Dengan adanya situs ini, saya jadi lebih lega karena saya memiliki wadah untuk berbagi cerita dengan sesama ibu hamil dan mendapatkan informasi terpercaya dari pakarnya,” ujar Marissa Tumbuan, salah seorang dari sembilan ibu hamil terpilih.

Situs ini tidak hanya tertutup buat sembilan ibu hamil tersebut. Muliaman mengatakan, setiap ibu hamil lainnya juga berkesempatan untuk berbagi cerita di dalamnya dengan cara mendaftar dan mengisi buku harian. Ceritanya boleh apa saja. Bagi cerita yang menarik akan mendapatkan hadiah, di antaranya ditanggung biaya persalinan senilai 20 juta rupiah.

Selain berbagi cerita seputar masa kehamilan, di dalamnya juga terdapat beberapa aplikasi. Seperti live chat sesama member, artikel, video dokumentasi kehamilan, konsultasi gratis dengan pakar kebidanan dan kandungan yang akan dijawab dalam waktu kurang dari satu jam.

Disebutkan juga, setelah melahirkan, para ibu hamil yang telah berbagi kisah, foto dan atau videonya di situs ini dapat mengunduh seluruh cerita di masa kehamilannya dalam bentuk CD yang akan dapat dibaca atau ditonton kapan saja.

Menurut dr. Gita Pratama, ahli kebidanan dan kandungan RSCM Kencana, ada beberapa gejala kehamilan yang ternyata jarang dibicarakan oleh ibu hamil karena mereka malu untuk bertanya dan menceritakannya pada dokter dan orang lain. Dengan adanya situs ini, mereka jadi bisa lebih bebas bercerita dan berbagi sesama ibu hamil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com