Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2013, 12:22 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Donna Agnesia tampanya begitu menikmati perannya sebagai ibu dari tiga anak-anaknya, bersama sang suami Darius Sinathrya. Ketiganya yakni, Lionel (6 tahun), Diego (4 tahun) dan Sabrina (2 tahun).

“Meski satu pabrik, ketiganya beda-beda karakternya, apalagi kalau sudah rewel, bisa macam-macam ulahnya,” ujar Donna saat ditemui disela-sela peluncuran situs untuk ibu hamil 9mums.com, di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Lionel, anak pertama dianggap Donna masih dalam tahap kewajaran. Tapi Diego, anak keduanya termasuk berwatak keras dan cukup nakal. Kalau nangis bisa meraung-raung. Lain lagi Sabrina, satu-satunya anak perempuan dan paling bungsu, yang bisa dibilang manja.

“Dari ketiganya, saya selalu punya jurus andalan kalau mereka, rewel, saya tatap mata mereka,” ungkap Donna.

Kenapa eyecontact? Karena, kata perempuan berusia 34 tahun ini, beberapa dari anak saat rewel suka melihat ke arah yang berbeda. Menatap matanya akan membuat mereka menyadari bahwa orangtua sedang berbicara sekaligus menenangkan mereka.

“Jadi ibu itu, juga harus ekstra sabarnya. Untung ketiga anak saya tidak terlalu susah sampai berguling-guling kalau lagi berulah,” ujarnya menambahkan.

Donna mengatakan diri tak pernah meniru suara atau bergaya anak kecil saat mencoba membujuk anak-anaknya. Justru merekalah yang kadang mengoreksi agar Donna bersikap wajar dan berbicara seperti orang dewasa.

Yang lucu, jika anak-anak masih sulit menurut dan tetap rewel,Donna memakai jurus terakhirnya yakni menangis. “Nanti mereka akan diam sendiri lalu bertanya, kenapa saya nangis, habis kalian nakal sekali,” ungkap Donna.

Menghadapi tiga anak yang berbeda setiap karakternya buat Donna juga sekaligus memberinya banyak pengalaman. Termasuk mengatasi berbagai kemanjaan serta ulah yang kadang di luar dugaannya.

Donna mengatakan ia juga sering berkonsultasi dengan orang-orang terpercaya mengenai pola asuh. “Kalau ada masalah yang saya tidak ketahui, biasanya suka konsultasi sama mama, dan atau dokter,” ujarnya.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com