Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Momen Bermanfaat Bersama Si Kecil di Malam Hari

Kompas.com - 12/10/2013, 21:44 WIB
Rahman Indra

Penulis

 KOMPAS.com — Momen mengantarkan si kecil menuju tidur malam, bisa menjadi waktu yang efektif bagi orangtua dalam menjalin tahap awal komunikasi dengan buah hati.

Nia Wardhani, 32 tahun, karyawan swasta. Sebagai seorang ibu dari dua putri, ia merasakan benar manfaat dari menghabiskan waktu bersama anak sebelum mereka terlelap. Membaca dongeng menjadi pilihannya dalam berkomunikasi dengan anak. Lewat hal sederhana tersebut, Nia pun semakin merasa dekat dengan dua putrinya secara emosional, setelah seharian tidak bertemu karena sibuk di kantor.

Pengalaman Nia tersebut ternyata disarankan oleh banyak terapis, seperti yang dikutip pada laman Parenting, bahwa menjelang tidur merupakan waktu yang sempurna untuk menjalin hubungan emosional antara orangtua dan anak.

Apabila belum terbiasa melakukan hal ini, berikut empat tips yang dapat membantu para bunda yang supersibuk:  

Kenali apa yang disukai oleh si kecil

Dengan mengetahui kegemaraan sang buah hati, akan memudahkan Anda untuk memulai percakapan menjelang tidur ini. Misalkan, ia senang dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan fashion, cobalah berkomunikasi dengannya tentang sepatu warna apa yang menurutnya bagus, jepit rambut seperti apa yang membuatnya tampak cantik, dan sebagainya.

Lalu, apabila anak Anda laki-laki, maka Anda bisa bercakap-cakap seputaran olahraga, komik, superhero, dan lontarkanlah pertanyaan-pertanyaan ringan yang merangsang kreativitas. Berawal dari situ, siapa tahu Anda dan si kecil bisa membuat dongeng sendiri dan mengembangkannya berdua.   

Pilihlah topik yang ringan dan mudah dimengerti

Membahas sesuatu yang terlalu berat bagi anak malah akan membuatnya bosan dan tertekan. Jangan sampai gara-gara bercakap-cakap dengan Anda,  membuat si kecil jadi berpikir dan terjaga sampai jam dua pagi.  Maka dari itu, pilihlah bahan obrolan yang tidak perlu membuatnya berpikir, seperti misalnya sarapan apa yang ia inginkan esok pagi? Apa saja yang telah ia lakukan di sekolahnya?

Gunakan alat bantu

Saat sedang tidak punya ide ingin berbicara apa dengan si kecil, Anda bisa menyiapkan beberapa alat bantu seperti kartu atau buku bergambar. Dengan begitu, Anda berdua memiliki topik baru dan segar lainnya untuk dibahas.

Lakukan dengan rutin

Jadikanlah kebersamaan menjelang tidur ini sebagai kegiatan rutin dan jalanilah dengan konsisten. Tidak perlu sampai menghabiskan waktu berjam-jam, cukup beberapa menit saja. Anak yang memiliki hubungan emosional yang erat dengan ibunya akan membuatnya tidur lebih lelap dan merasa segar di pagi hari. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com