Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2013, 08:35 WIB


KOMPAS.com - Selain dapat meningkatkan kolestrol, makan daging kambing berlebihan ternyata juga menyebabkan bau mulut jadi tidak sedap. Jadi, untuk menghindari rasa tidak nyaman saat  saat berkumpul dengan keluarga di hari raya Idul Adha ini, berikut beberapa bahan makanan yang dapat menangkis bau mulut dan membuat napas menjadi lebih segar. 

1. Daun mint
Mulut bau tak selamanya karena bakteri. Makanan menyengat seperti durian, bawang atau daging kambing juga bisa jadi pemicu. Mengonsumsi minuman yang mengandung daun mint atau nyemil kue yang mengandung kayu manis, bisa mengembalikan kesegaran mulut secara instan.

2. Yogurt
Selama tak mengandung banyak gula atau pemanis, minuman asam yang satu ini mengandung prebiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Bila pencernaan mampu mengolah makanan dengan baik, maka aroma lambung tak akan menimbulkan bau.

3. Kaya serat
Sebut saja apel, pir, serta wortel. Buah dan sayur yang mengandung banyak serat bisa menjadi pembersih mulut alami. Kandungan nutrisi buah dan sayur bisa meningkatkan imun tubuh serta memberi asupan energi selama diet maupun puasa.

4. Teh hijau
Kandungan cathecin pada teh hijau tanpa gula bisa mengurangi jumlah bakteri dalam mulut penyebab bau. Selain itu bisa mengikis lapisan gula menempel pada plak gigi. Manfaat lain yang dimiliki teh hijau ialah menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko kanker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com