Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2013, 10:11 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Telur adalah bahan pangan yang sudah tidak asing lagi, tetapi tak banyak orang tahu bagaimana cara memilih telur yang baik dan segar. Alih-alih mendapatkan gizi dari telur, tanpa disadari Anda memilih telur yang sudah tercemar oleh bakteri. Lalu bagaimana cara memilih telur yang segar?

Dari penampilan fisiknya, pilih telur yang berkulit bersih, mulus dan tidak retak. Hindari telur yang tertempel kotoran unggas, karena ada kemungkinan bakteri mencemari telur.

Telur yang segar dan bermutu baik, putih telurnya jernih dan kental, dengan kuning telur berada di tengah, utuh, dan kompak.

Untuk menguji kesegaran telur, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan:

Dimasukkan ke dalam gelas berisi air

Telur yang masih benar-benar segar dan belum banyak udara di dalamnya akan tenggelam di dasar gelas dengan posisi melintang (horisontal). Jika telur sudah berkurang kesegarannya tetapi masih bisa dikonsumsi, maka telur tenggelam dalam posisi vertikal dengan ujung runcing di bagian bawah.

Namun, jika telur sudah tidak segar dan tidak layak dikonsumsi, maka keadaannya telur akan terapung di permukaan air.

Dipecahkan di atas piring

Saat telur dipecahkan di piring, maka kuning telur seharusnya terlihat menyatu, tampak bulat, pekat di bagian tengah, serta tidak terdapat bercak darah. Hal ini menandakan keadaan telur masih segar dan bagus. Sementara telur yang sudah tidak segar tapi masih bisa dikonsumsi, kuning telurnya akan mulai menjauh dari putih telur dan lapisan putih telur tidak lagi mengelilingi putih telur.

Untuk telur yang kondisinya sudah tidak baik dan tidak bisa dikonsumsi, kuning telur terlihat pipih atau rata dan semakin menjauh dari putih telur. Putih telur juga akan terlihat encer dan tidak membentuk lapisan

Diteropong dengan gulungan kertas

Gunakan teropong dari kertas berwarna gelap untuk menerawang telur pada sinar lampu. Bila telur tampak jernih, berarti telur masih bagus. Sebaliknya, jika ada guratan merah, noda, atau bayangan gelap sebaiknya telur jangan dikonsumsi.

 

Sumber: Buku Primarasa, Gaya Favorit Press


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com