Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2013, 13:28 WIB


Mbak ainy, saya ingin bertanya mengapa saya rasanya tidak punya bakat memimpin. Sepertinya sulit sekali untuk saya memutuskan sesuatu, misalnya saat saya ditunjuk menjadi koordinator kegiatan. Terkadang saya merasa tidak enak harus memberikan tugas kepada tim saya atau untuk memutuskan suatu hal. Mohon sarannya mbak saya harus bagaimana. Terima kasih.
Dewi (20)


Mbak Dewi yang baik,
Untuk menjadi seorang pemimpin itu sama sekali tidak dibutuhkan bakat. Tetapi rasa tanggung-jawab, kepedulian, saling menghormati dan kejujuran. Menurut saya, Mbak Dewi bukannya tidak mempunyai bakat, tetapi lebih kepada rasa kurang percaya diri untuk memimpin.

Mbak merasa tidak enak jika memberi tugas teman-temannya. Begitu juga jika Mbak harus memutuskan, Mbak merasa kurang nyaman. Padahal itu semua adalah perasaan Mbak semata. Karena orang-orang yang Mbak koordinir itu justru menunggu arahan maupun keputusan Mbak.

Semakin Mbak merasa tidak enak melakukannya, semakin diri Mbak tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai koordinator. Kalau sudah begini, pekerjaan menjadi amburadul. Dan bukan pekerjaan Mbak saja lho, tetapi juga pekerjaan orang-orang yang Mbak koordinir. Akibatnya, performance Mbak di mata atasan maupun team Mbak menjadi kurang baik.

Jadi, apa yang harus Mbak lakukan? 4 langkah sederhana berikut ini adalah jawabannya.
Pertama, kenali tugas Anda yang sebenarnya. Lakukan dengan sepenuh hati. Berhenti merasa tidak enak. Ketika memberi tugas kepada team Anda, jangan lupa mengucapkan kata tolong dan terima kasih. Selama mereka menjalankan tugasnya, ajaklah bicara. Tanyakan adakah mereka menemui kesulitan dan berilah saran.

Kedua, tingkatkan rasa tanggung-jawab di dalam diri Anda. Lakukan apa yang Anda ucapkan. Dan yang tak kalah penting adalah luangkan waktu untuk berbincang santai dengan team Anda. Misalnya saat makan siang. Moment ini sangat tepat untuk menjalin komunikasi dengan team Anda sekaligus kedekatan diri.

Ketiga, bicaralah secara terbuka baik dengan atasan maupun dengan team Anda. Beranilah bertanya kepada siapa saja, jika memang Anda merasa kurang memahami sesuatu. Termasuk kepada atasan maupun team Anda. Tunjukkanlah keseriusan Anda dalam mengemban tugas tersebut dengan cara melakukan kewajiban Anda dengan sepenuh hati.

Keempat, tingkatkan skills kepemimpinan Anda dengan membaca buku-buku kepemimpinan, mengikuti seminar dan browsing di internet. Praktekkan apa yang Anda dapatkan dan bukan hanya membacanya saja.

Selamat menjadi koordinator yang luar biasa, ya!


Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis Buku Best Seller ‘Dahsyatnya Kemauan’
www.ainyfauziyah.com
www.ainymotivationclass.com       

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com