Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2013, 18:10 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Industri kecantikan tidak pernah ada batasan dalam menciptakan, dan merilis produk-produk baru guna memenuhi kebutuhan kaum perempuan.

Sudah naluriah bahwa perempuan selalu ingin tampil cantik dalam berbagai keadaan dan selalu ingin menjadi pusat perhatian bagi sekelilingnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perempuan gemar mempercantik diri, dengan menggunakan berbagai macam kosmetik dan perawatan kecantikan. Dan dengan tangkas, kondisi ini dimanfaatkan sebagai peluang bisnis oleh seluruh produsen kosmetik.

Selain sebagai pengguna, tak sedikit perempuan yang tertarik untuk terjun ke bisnis kecantikan. Melihat fenomena para perempuan aktif yang memiliki minat memajukan industri kecantikan ini, CosmoBeaute Indonesia memprakarsai ajang pameran yang bertujuan untuk mempertemukan pelaku bisnis dengan industri kecantikan.

Tahun ini, genap 8 kali CosmoBeaute Indonesia diselenggarakan, berlokasi di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta. Mulai dari tanggal 17 sampai dengan 19 Oktober 2013. Pada perhelatan ini, konsep business to business menjadi ‘core’ pameran yang akan dihadiri oleh pelaku bisnis, manufaktur, eksportir, dan distributor dari beberapa negara Eropa dan Asia.

"Masyarakat Indonesia banyak yang berpergian ke luar negeri dan khusus membeli produk kecantikan. Tidak hanya itu, mereka juga secara khusus mencari peluang bisnis untuk membuka usaha kecantikan. Jadi, acara ini sebagai wadah itu semua," ujar Juanita Soerakoesoemah, Direktur Prakasa Sinergi Utama, selaku penyelenggara CosmoBeaute Indonesia saat ditemui KompasFemale di Jakarta Convention Center, Jakarta (17/10/2013).

Indonesia merupakan negara dengan potensi pertumbuhan di bidang kecantikan cukup besar. Menurut data dari riset pemasaran EuroMonitor International, tingkat pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia rata-rata 12 persen. Di tahun 2014, pertumbuhannya diprediksi mencapai 20 persen.

Pada penyelenggaraan CosmoBeaute tahun ini, sebanyak 220 perusahaan dan lebih dari 600 brand kecantikan hadir memamerkan produk dan serta teknologi terbaru mereka.

"Mayoritas yang mengisi di acara ini memang dari brand-brand luar negeri, sekitar 70 persennya dari luar," tambah Juanita.

Para pengunjung yang datang pun berasal dari pemilik salon kecantikan dan spa, salon rambut dan kuku, para importir, hotel, sekolah kecantikan, department store, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com