Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2013, 13:34 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


KOMPAS.com -
Jakarta Fashion Week 2014 resmi dibuka Sabtu ini, tetapi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang sedianya membuka acara Jakarta Fashion Week batal datang. Meski begitu ia menyampaikan ucapan selamat dan memberikan beberapa pesan yang dibacakan oleh Sylviana Murni, Deputi Gubernur DKI bidang pariwisata.

Menurut Sylviana Gubernur menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak penyelenggara JFW karena acara ini dapat berlanjut setiap tahunnya. Acara JFW juga dinilai dapat menarik perhatian masyarakat sehingga industri fashion tanah air semakin dikenal oleh pasar luar negeri.

"Momentum ini bagus untuk mengembangkan industri mode Indonesia. Kolaborasi antara desainer akan meningkatkan kualitas sehingga dapat bersaing dengan para desainer internasional," papar Sylviana Murni menyampaikan.

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap kepada para desainer Indonesia untuk bisa ikut melebur ke pasar Tanah Abang Blok G sehingga koleksi mereka makin dikenal masyarakat lebih luas. Ia juga berharap event ini menjadi peluang tantangan desainer Indonesia agar lebih kreatif mengembangkan fashion bercorak Indonesia.

"Setiap hari Jumat pegawai negeri daerah DKI Jakarta sudah mengenakan kebaya Encim khas Betawi. Dan beliau berharap desainer kita juga bisa mendesain busana itu agar bisa dipakai oleh masyarakat Jakarta lebih luas, karena penjualan di pasar Tanah Abang laku keras," tuturnya.

JFW 2014 memiliki arti penting bagi para pecinta mode Indonesia, agar fashion indonesia bisa diakui dan diterima oleh industri fashion dunia. Jokowi percaya perhelatan JFW tiap tahunnya bisa menjadikan Jakarta sebagai tujuan peta mode Asia.

"Beliau juga ingin pelaku industri mode untuk terus menampilkan  karya terbaiknya. Harus memberi ruang kepada insan pelaku industri mode dan pedagang garmen sehingga bisa menghasilkan karya terbaik berbudaya lokal yang modern dan punya daya saing yang luas di kancah internasional," tutup Sylviana mengakhiri pesan Jokowi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com