Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2013, 11:46 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Anda boleh saja rajin memakai conditioner dan melakukan perawatan rambut mahal di salon untuk membuat rambut Anda terlihat sehat dan bersinar. Tapi kenyataannya kesehatan dan keindahan rambut  terutama dihasilkan dari makanan yang kita asup.

Ricardo Vila Nova, seorang trichologist di Urban Retreat di Harrods mengatakan, “Diet yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut rusak dan rontok serta rambut menjadi kering dan kelebihan sebum.”

Gaya hidup dengan stres yang tinggi dan gizi buruk dapat menjadi katalisator untuk kerusakan rambut yang mungkin perlu empat tahun untuk dipulihkan.

Untuk mencegah kerusakan rambut, konsumsi daging merah yang merusakan sumber zat besi (iron).

“Iron adalah pendorong kekuatan akar rambut. Ini membawa pasokan darah dan oksigen ke seluruh tubuh yang menjaga rambut menjadi kuat dan terpelihara baik," katanya.

Rambut yang tipis dan lemas merupakan tanda pertama bahwa Anda tidak mendapatkan cukup zat besi. Karenanya disarankan untuk makan satu porsi daging sapi atau domba setidaknya dua kali seminggu.

Anda vegetarian? Jangan khawatir, cokelat bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh dan rambut Anda. Kandungan dalam cokelat merupakan pigmen yang membentuk warna pada rambut dan kulit, bertanggung jawab untuk menjaga rambut Anda tetap sehat.

Jika Anda ingin rambut lebih lembut, salmon bisa menjadi pilihan sebagai sumber asam lemak Omega-3 dan 6 yang penting bagi kesehatan otak dan rambut. Asam lemak esensial yang terkandung di dalamnya menjaga kulit kepala tetap lembab, membantu rambut  terhidrasi dan membantu elastisitas.

Ikan berminyak seperti tuna, salmon dan mackerel adalah sumber asam lemak yang baik. Setidaknya konsumsi ikan-ikan itu satu atau dua kali seminggu.

Dari keluarga lemak nabati, alpukat dan kenari bisa juga bisa membuat rambut Anda bersinar.  Alpukat bisa membuat lapisan kutikula rambut Anda menjadi halus di permukaan rambut dan tampak bersinar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com