Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2013, 13:15 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Your Tango
KOMPAS.com - Kehidupan seks dalam rumah tangga adalah salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri. Selain itu, seks juga akan membantu Anda agar bisa merasa lebih sehat dan bahagia.

Menurut dr. JJ Levenstein, selama bercinta hormon serotonin akan diproduksi. Hormon ini akan berfungsi sebagai antidepresan dan meningkatkan rasa bahagia. Meski bercinta mendatangkan banyak manfaat, tetapi terkadang rasa lelah atau gairah sedang rendah bisa membuat hasrat bercinta menguap.

Pada dasarnya tak ada masalah sesekali enggan atau menolak bercinta, asalkan Anda punya alasan yang tepat. Pemilihan alasan yang salah justru akan memicu pertengkaran antar pasangan. Berikut beberapa alasan paling buruk yang biasa diungkapkan untuk menolak ajakan bercinta.

1. "Saya terlalu lelah hari ini"
Sebagai ibu rumah tangga, sederet tugas telah menanti begitu bangun tidur. Mulai dari menyiapkan perlengkapan sekolah anak, mengantar jemput anak, hingga berangkat bekerja.  Tak aneh kalau di penghujung hari Anda sudah merasa lelah luar biasa.

Akibat kelelahan banyak istri mengabaikan keinginan suami untuk bercinta. Padahal keadaan ini akan berlangsung setiap hari lho, jadi kapan Anda punya waktu untuk pasangan? Agar pasangan tak merasa diabaikan, sesekali luangkan waktu untuk berduaan saja. Misalnya dengan menitipkan anak di rumah nenek atau sepupunya.

2. "Saya sedang tidak romantis"
Merasa diri romantis seringkali dikaitkan dengan penampilan yang seksi dan menggoda. Namun setelah melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga sehari-hari yang cukup melelahkan dan bahkan membuat Anda jadi kotor, Anda pasti tak merasa seksi dan romantis. Sudah lelah, lusuh, pasti tidak mungkin memikirkan berbagai hal romantis untuk menyambut suami pulang kerja.

Padahal sebenarnya, tak perlu memikirkan hal yang terlalu berat seperti makan malam romantis, atau tiket liburan berdua. Beri saja sedikit bahasa tubuh yang menggoda, atau pijatan lembut untuknya. Gairah bercinta juga bisa dihidupkan dengan melakukan obrolan mesra atau pillow talk.

3. "Saya tidak punya waktu"
Ya, ini adalah alasan paling buruk untuk menolak ajakannya. Namun bagaimanapun juga Anda harus menyediakan waktu untuk bercinta. Ini tak cuma untuk kesenangan dan kepuasan suami saja kok, ini juga demi kepuasan dan kesenangan Anda juga.

Sebenarnya, Anda tak akan kehabisan waktu untuk bercinta. Karena pada dasarnya, bercinta tak butuh waktu lama. Bangun saja 15 menit lebih awal, atau tidur 15 menit lebih lama untuk bisa menikmati waktu berduaan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Your Tango
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com