Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2013, 12:43 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ingin punya hidup yang bahagia. Tak jarang mereka rela mengeluarkan banyak uang dan usaha untuk bisa hidup bahagia, misalnya liburan ke luar negeri, atau tinggal di rumah mewah. Namun benarkah bahagia itu membutuhkan banyak uang? Ternyata tidak juga. Bahagia itu sederhana, bahkan lebih sederhana dari yang Anda pikirkan. Setidaknya, itulah hasil dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology.

Sang peneliti, Yuna L. Ferguson dari Knox College dan Kennon M Sheldon dari University of Missouri berhasil menemukan kunci sederhana untuk menemukan kebahagiaan. Rahasia kebahagiaan ini ternyata hanyalah sejauh pikiran dan niat untuk menjadi bahagia.

Penelitian ini membuktikan bahwa hanya dengan mencoba dan berpikir untuk menjadi bahagia sudah cukup untuk benar-benar meningkatkan rasa bahagia dalam hidup.

Percobaan ini dilakukan dalam beberapa tahap. Di tahap pertama, 167 mahasiswa diminta untuk mendengarkan lagu bernada gembira. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk melakukan berbagai upaya sadar untuk membuat diri mereka lebih bahagia lewat pikiran. Sementara kelompok lainnya diminta untuk tidak melakukan dan memikirkan apapun, hanya bersantai dan mendengarkan musik.

Para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang diperintahkan untuk mencoba merasa bahagia lewat pikiran dan niat sambil mendengarkan musik ini mengalami perubahan suasana hati jadi lebih bahagia yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya mendengarkan musik saja.

"Ini menunjukkan bahwa kombinasi niat dan metode yang tepat akan membantu meningkatkan mood positif dan rasa bahagia Anda," tulis peneliti ini dalam studinya.

Percobaan kedua melibatkan 68 mahasiswa. Mereka diminta untuk mendengar berbagai jenis musik "positif" selama dua minggu. Seperti penelitian pertama, responden dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama diminta untuk memusatkan pikiran pada rasa bahagia dan yang lainnya tidak. Hasilnya, kelompok orang yang punya pikiran untuk merasa bahagia ternyata mengalami peningkatan rasa bahagia yang lebih besar dibanding yang tidak diberi instruksi.

Selain pikiran dan niat untuk bahagia, nyatanya hal ini juga harus didukung oleh adanya kegiatan atau usaha lain untuk mendukung kebahagiaan. Misalnya, olahraga, tidur, dan interaksi sosial untuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan pandangan postif Anda terhadap kehidupan

Lewat penelitian ini, peneliti ingin menunjukkan bahwa berusaha menjadi bahagia adalah cara yang paling efektif untuk membuat hidup benar-benar lebih bahagia. Kebahagiaan ini disinyalir sebagai akibat dari adanya perubahan pandangan hidup menjadi lebih positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com