Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2013, 14:40 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com —
Timbunan lemak di area tubuh tertentu, misalnya di bagian perut, paha, atau lengan, memang menyebalkan. Tetapi, apakah mungkin kita menyingkirkan lemak yang hanya berkumpul di area tertentu saja?

Sayangnya, hal tersebut tidak mungkin. Menurut James O Hill, pakar kebugaran dari Universitas Colorado, AS, kita tidak bisa menentukan untuk menghilangkan lemak di sekitar pinggang atau paha saja.

"Banyak penelitian menunjukkan hal tersebut. Kita tidak bisa menargetkan bagian tubuh tertentu untuk dikurangi lemaknya," kata Hill yang juga penulis buku State of Slim ini.

Secara umum, seorang wanita memang cenderung menyimpan lemak lebih banyak di bagian pinggul dan tubuh bagian bawah. Sementara pada pria, biasanya penumpukan lemak terdapat di tubuh bagian atas.

"Jika kita melakukan program penurunan berat badan, lemak yang hilang bergantung pada di mana tubuh menyimpan lemak. Faktor genetik juga berpengaruh," paparnya.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika kita berusaha untuk mengecilkan perut atau paha atas? Hill menyarankan untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan, bukan hanya pada satu titik.

"Makin banyak Anda menurunkan berat badan, makin besar kemungkinan kita menghilangkan lemak di bagian tubuh yang menjadi target," katanya.

Seberapa rutin kita berolahraga dan jenis latihan juga berpengaruh. "Meski tidak terlalu membantu untuk mengusir lemak yang ditargetkan, ini sangat membantu menghilangkan lebih banyak lemak dan menguatkan otot sehingga bagian tubuh tersebut tampak lebih kencang dan langsing," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com