Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahir Berkomunikasi Dapat Menyelamatkan Hubungan dengan Si Dia

Kompas.com - 01/11/2013, 20:37 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Excelle
KOMPAS.com - Salah satu hal yang diharapkan dalam hubungan adalah adanya keterbukaan dan kejujuran antarpasangan. Komunikasi dua arah ini, diharapkan bisa membantu mengurangi risiko terjadinya pertengkaran.

Sekalipun mengharapkan sebuah hubungan yang saling jujur dan komunikasi yang terbuka, ini tak berarti Anda bisa mengungkapkan semua hal yang terlintas dalam pikiran Anda. Terkadang, ada beberapa komentar yang sangat berbahaya yang bisa menyakitkan hati si dia.

1. "Mantanku pernah melakukan hal yang sama"
Untuk membahagiakan kekasihnya, pria akan melalukan segala cara, jadi maklum saja apabila terjadi kemiripan perilaku antara si dia dan mantan. Suka atau tidak, sebaiknya jangan  mengatakan "mantanku pernah melakukan ini juga".

Coba dibalik, apakah Anda mau si dia mengatakan hal yang sama pada Anda? Rasanya pasti seperti dibanding-bandingkan dengan orang lain! Selain itu, komentar seperti ini juga bisa melukai harga diri pria lho. Jadi, bila si dia melakukan sesuatu yang mirip dengan mantan, simpan saja komentar tersebut untuk diri sendiri.

2. Berbagi rahasia orang lain
Menjalin hubungan pacaran yang jujur dan terbuka, bukan berarti Anda juga bisa membeberkan rahasia teman-teman Anda. Pacar Anda tidak ingin mendengar informasi rahasia yang bisa membuat dirinya 'terjebak' dalam masalah.

Jangan membebaninya dengan rahasia orang lain. Jika ia membuka rahasia ini, teman Anda akan marah pada Anda bukan si dia.

3. "Kalau kita sudah menikah dan punya anak nanti..."
Wajar saja kalau sesekali Anda bermimpi tentang pernikahan dan memiliki anak. Namun percaya atau tidak, kebanyakan pria sangat menghindari obrolan seperti ini, apalagi kalau Anda masih baru pacaran. Mendengar kata-kata menikah bisa jadi membuat dia mundur dan takut pacaran dengan Anda.

Obrolan seperti ini, sebaiknya diucapkan setelah Anda dan dia sama-sama memiliki "jalur" yang sama tentang pernikahan dan anak.

4. "Menurutmu dia cantik?"
Hmm... pertanyaan ini bagai pedang bermata dua untuk si dia. Kalau saja ia mengatakan "iya cantik", Anda pasti akan marah dan cemburu. Atau mungkin saja akan ada pertanyaan lanjutan, "Apakah dia lebih cantik dari aku?" dan pertanyaan bernada marah lainnya.

Tetapi kalau saja dia bilang "dia enggak cantik kok, masih cantikkan kamu", serta merta Anda akan menuduhnya pembohong. Serba salah!

5."Aku baik-baik saja" atau "Sudah deh"
Kalau lagi bete atau kesal dengan seseorang (termasuk si dia), biasanya Anda akan menekuk wajah dan melakukan aksi tutup mulut. Namun, saat si dia bertanya ada apa, Anda akan langsung jawab seolah-olah semuanya baik-baik saja. Saat ini pria pasti berpikir, "apa sih mau mu?"

6. Mengulang-ulang pertanyaan
Seakan tak puas dan tak percaya dengan jawaban si dia, Anda pasti mengulang-ulang pertanyaan kepadanya. Sadarilah, kalau pertanyaan ini bisa membuat kekasih Anda sakit kepala dan kesal.

Sama seperti Anda, si dia juga seorang manusia yang bisa punya hari buruk, sedih, lelah atau hanya sekadar sedang tidak ingin bicara. Kalau sudah begini, daripada banyak tanya sebaiknya beri dia ruang untuk mengatasi masalahnya sendiri atau siap bicara dengan Anda.

7. "Aku benci kakiku"
Sudah secantik apapun, perempuan pasti masih saja ada kurangnya. Namun, ini juga tak berarti Anda mengeluh soal "kekurangan" ini kepadanya. Karena belum tentu, kekurangan Anda terlihat sebagai kekurangan di matanya.

Coba pikirkan ini, Apakah Anda ingin terus-terusan bersama dengan seorang pria, yang terus menerus bicara tentang betapa ia membenci dirinya atau merasa gagal dalam pekerjaanya? Pastinya tidak! Nah, si dia juga merasa demikian.

8. "Aku enggak suka dengan keluargamu"
Wah... komentar yang satu ini, sudah pasti akan menyakiti hatinya. Sekalipun Anda tidak merasa cocok dengan semua orang dalam hidupnya, namun berusahalah untuk tetap bersikap diplomatis, dan baik terhadap orang-orang penting dalam hidupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Excelle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com