Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2013, 16:45 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Shine


KOMPAS.com -
Pertambahan usia, sengatan sinar matahari berlebih dan stress, bisa membuat kulit kehilangan elastisitas dan kolagen. Ini membuat pori-pori kulit membesar dan menjadi penyebab kulit tampak kusam.

Untuk menyiasatinya, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

- Pilih sabun muka yang cocok
Cucilah muka dua kali sehari untuk mengangkat kotoran dan minyak dari pori-pori. Gunakan sabun yang lembut dan bahan yang tidak terlalu keras kandungannya supaya kondisi kulit tetap seimbang.

- Aplikasikan krim pengecil pori-pori
Pilihlah krim pelembab yang mengandung pengecil pori dan bersifat noncomedogenic.

- Cobalah perawatan mingguan
Selain membasuh muka rutin, ada baiknya juga memberikan perawatan mingguan agar pori-pori tidak tersumbat. Jenis perawatan mingguan misalnya menggunakan rangkaian pembersih, scrub, lotion dan masker berbahan asam salisilat. Tapi dianjurkan hanya memakai perawatan ini sekali seminggu karena bila terlalu sering bisa membuat kulit kering. Melakukan facial juga dianjurkan asalkan kulit wajah sedang tidak berjerawat.

- Gunakan tabir surya bisa juga dengan SPF 30 agar kulit terlindung dari sengatan matahari.

- Jangan gunakan tangan untuk mengelupas atau menyentuh wajah langsung, karena ini bisa menyebabkan bakteri dan membuat pori-pori kulit makin bermasalah.

- Minum cukup air putih
Kurang minum air putih akan membuat kulit juga bermasalah. Di samping konsumsi minuman yang bergula, sempatkan juga konsumsi air putih yang cukup.

- Aplikasikan primer sebelum foundation.
Jika mendadak dan sangat ingin tampil menarik dalam sekejap, gunakan primer sebelum foundation untuk menyiasati pori-pori yang lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com