Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2013, 14:37 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber

Kompas.com - Ada banyak hal yang bisa berpengaruh pada kesehatan, misalnya pola makan, kebiasaan olahraga, dan juga si bos.

Para karyawan yang menganggap bos mereka kurang adil, tidak konsisten, bahkan temperemantal, cenderung lebih mudah depresi, dibanding dengan karyawan yang atasannya bijaksana dan mudah diajak kerjasama.

Hasil penelitian ini menguatkan studi sebelumnya yang dimuat dalam Journal of Organization Behavior. Dalam studi itu ditemukan kaitan kuat antara lingkungan kerja yang tidak menyenangkan dengan stres psikologis, serta dapat memicu gejala depresi.

Kebahagiaan di tempat kerja ternyata lebih dipengaruhi oleh suasana kerja dibandingkan dengan pekerjaan itu sendiri.

"Organisasi kerja yang tidak jelas serta tidak adanya arahan dari atasan akan membuat perasaan tidak berdaya. Hal tersebut bisa memicu perasaan depresi," kata Ramani Durvasula, psikolog klinik.

Oleh karena itu, perusahaan yang ingin karyawannya bahagia dan sehat, harus menerapkan protokol pengambilan keputusan yang transparan, terstandar, dan mempertimbangkan kepentingan karyawan.

Meski Anda tidak berada pada posisi manajerial, tetapi Anda juga bisa mengupayakan agar suasana kerja lebih menyenangkan. Misalnya dengan mencari cara untuk bekerja sama dengan atasan dan jangan membuat segala sesuatu bersifat personal sehingga emosi mudah terpancing.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com