Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2013, 11:29 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Masih melajang ketika sudah masuk usia kepala tiga memang bisa menyebabkan kekhawatiran. Meski begitu tidak perlu terlalu mengasihani diri karena sebenarnya menjalin hubungan di usia matang memiliki banyak keuntungan.

Berdasarkan survei yang dilakukan situs Reddit, diketahui mereka yang berusia matang jauh lebih baik dan tahu betul apa yang mereka inginkan dalam sebuah hubungan. Ini alasannya :

- Kenyamanan dan keserasian minat lebih penting dari apapun. Di usia dewasa, mereka yang mencari hubungan lebih melihat pada kesamaan minat dan tujuan hidup karena mereka ingin menjalani hubungan yang matang dan serius.

- Mereka tahu apa yang diinginkan dan cenderung tidak lagi bermain-main. Karena itu mereka juga tidak sembarangan menerima cinta jika banyak ketidakcocokan.

- Usia matang menunjukkan kemandirian. Wanita di usia 30an sudah mengetahui apa yang mereka inginkan berdasarkan pengalaman hidup yang telah dilalui. Mereka juga cenderung memilih hubungan seperti apa yang ingin dijalani dengan pasangannya, bukan sekadar "lihat nanti".

- Komunikasi lebih lancar. Orang yang sudah dewasa seharusnya tahu bagaimana mengatakan keinginannya dan bagaimana mendengar dan memenuhi kebutuhan pasangannya. Komunikasi dua arah seperti ini merupakan landasan penting bagi sebuah hubungan yang harmonis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com