Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2013, 07:35 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

 

KOMPAS.com — Mendengar namanya saja sudah cukup membuat Anda bergidik bukan? Betapa menjijikkannya, hewan hitam dan jorok ini dimanfaatkan sebagai produk kecantikan perempuan di Amerika!

Tunggu dulu, jangan langsung berpikiran negatif, ternyata ada alasannya mengapa hewan serangga ini dianggap sebagai bahan dasar kosmetik terbaik. Sebab, kecoa merupakan hewan yang memiliki sumber protein yang baik dan mudah diperoleh sehingga produk yang mengandung protein dari kecoa dapat dibanderol dengan harga terjangkau.

Menurut geniusbeauty, seperti yang diberitakan oleh Los Angeles Times, jenis kecoa yang paling baik adalah kecoa Periplaneta americana, atau kecoa amerika. Ciri-ciri fisiknya adalah coklat kemerahan dengan panjang hingga mencapai 1,6 cm.

Bahkan, kini, beberapa peternak di Amerika dan China telah mengembangkan jenis kecoa tersebut. Dengan hanya memasok ke perusahaan kosmetik, peternak dapat memperoleh profit hingga lebih kurang 10.000 dollar AS per tahun. Luar biasa!

Setelah melalui penelitian dan studi, Pemerintah Amerika menyatakan bahwa protein kecoa aman digunakan sebagai produk kosmetik. Bahkan, pada tahun 2011 lalu, FDA telah melegalkan bahan dasar ini, tetapi dengan syarat perusahaan kosmetik wajib mencantumkan kecoa sebagai bahan dasar pada keterangan produk yang tertulis dalam kemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com