Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinted Moisturizer atau Foundation, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 13/11/2013, 19:19 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber O Magazine

KOMPAS.com – Perempuan aktif seperti Anda, mengenakan riasan wajah merupakan ritual harian yang wajib dilakukan. memang benar inner beauty lebih utama dibandingkan tampilan luar, tetapi bagaimana seseorang ingin mengenal lebih dekat, apabila dari awal Anda tidak meninggalkan kesan berarti.

Untuk memperoleh hasil riasan yang representatif,  Anda harus terlebih dulu mengenal macam-macam produk kosmetika. Mungkin hingga hari ini, Anda merasa telah cukup memahaminya, tetapi dengan invasi produk kecantikan yang  terus menerus mempersembahkan lansiran terbaru, bisa jadi malah membuat Anda bingung. Apalagi, masing-masing produk yang beredar hadir dengan fungsi yang serupa.

Baiklah, untuk memudahkan waktu belanja Anda di akhir pekan mendatang, kali ini kami akan mengupas dua produk kosmetik, tinted moisturizer dan light foundation. Keduanya berasal dari varian make-up base atau dasar riasan, sama-sama digunakan sebagai alas bedak untuk menyamarkan dan menutup noda pada wajah.

Tetapi uniknya, hasil akhir yang diperoleh sama sekali berbeda, simak uraian berikut. 

Tinted Moisturizer

Kelebihan:

Menurut Valerie Monroe, Beauty Director, O Magazine, tinted moisturizer atau pelembab berwarna adalah produk kecantikan yang tepat bagi perempuan aktif yang selalu ingin praktis dalam urusan make up.

Pelembab ini mengandung foundation tapi tidak sekental alas bedak pada umumnya, sehingga hasil akhirnya cenderung lebih natural. Sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai riasan yang terlalu tebal dan menumpuk.

Apabila Anda lebih banyak beraktivitas di luar rumah, pelembab ini pilihan yang sangat tepat, karena umumnya sudah mengandung SPF. Dan tersedia dalam beberapa palet warna, sehingga dapat disesuaikan dengan warna kulit Anda.

Kekurangan :

Tetapi, tinted moisturizer tidak tahan lama seperti foundation atau BB Cream. Karena kandungannya sangat ringan, maka produk ini tidak dilengkapi dengan anti-aging, sehingga tidak dapat membuat wajah tampak cerah.

 Light Foundation

Kelebihan:

Jika, tinted moisturizer lebih dominan digunakan sebagai pelembab, maka foundation atau alas bedak berfungsi untuk mengoreksi kondisi wajah yang kurang sempurna, misalkan dengan  menutup noda-noda pada wajah. Seperti misalnya bintik-bintik hitam, atau yang lebih sering dialami oleh perempuan, yaitu warna wajah yang lebih terang dibandingkan leher.  Dengan demikian, tekstur foundation pun terbilang lebih kental dibandingkan pelembab.

Menurut Val, saat Anda sedang menggunakan foundation, lebih baik gunakan untuk acara yang berlokasi di dalam ruangan, karena bila terlalu lama terpapar matahari, dikhawatirkan riasan wajah malah luntur, karena keringat dan minyak yang berlebihan.

Kekurangan :

Formula pada foundation lebih berat dibandingkan tinted moisturizer, sehingga berpotensi menyebabkan alergi dan jerawat. Maka dari itu, perhatikan kandungan yang terdapat pada produk sebelum memutuskan untuk membeli. Dan karena sifatnya yang lebih kental, pemakaiannya pun harus lebih teliti dan sedikit merepotkan, supaya hasil akhirnya tidak menyerupai topeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber O Magazine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com