Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hollywood Kepincut Busana Rancangan Tex Saverio

Kompas.com - 20/11/2013, 16:27 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Kabar perancang khusus adibusana dari Indonesia, Tex Saverio, terpilih untuk mendesain kostum di sekuel film The Hunger Games; Catching Fire, telah tersebar dan merebak di pelbagai media dan lini masa. Ternyata, kabar tersebut bukan omong kosong!

Awalnya, banyak orang menduga bahwa desainer yang bakal beruntung untuk merancang gaun fenomenal ini adalah Jenny Packham, Marchesa, atau bahkan desainer dari rumah mode, Alexander McQueen. Namun, kenyataannya, Trish Summerville, sang desainer kostum untuk film ini, memilih menggandeng Tex untuk bekerja sama merancang gaun, yang nantinya akan dikenakan oleh Jennifer Lawrence, pemeran tokoh Katnis Everdeen.

Kesempatan ini disambut Tex dengan sangat antusias, hal ini tercermin dari status yang ia "kicaukan" pada Twitter. "It's official: @iamjenlawrence in HUNGER GAMES-CATCHING FIRE wedding dress is from INDONESIA. Thank you Jen & Trish!"  kicaunya pada tanggal 8 Maret 2013 lalu.

Gaun dengan garis rancang strapless berwarna putih ini sebenarnya sudah lebih dulu dirilis oleh Tex pada bulan November 2010 lalu di Jakarta Fashion Week. Tetapi, khusus untuk film besutan Hollywood ini, Tex memodifikasi gaun dengan menambahkan rok panjang yang menjuntai, penuh detail dan berlapis-lapis material organsa.

Kemudian, untuk melengkapi "aliran" dramatis pada gaun, Tex menggenapkannya dengan detail bulu merak di bagian pinggang. Rancangannya ini menggambarkan ilusi yang melambangkan api perak. Taburan kristal swarovski semakin "mendidihkan" kesan mewah yang fantastis!

Hasil rancangan Tex Saverio ini pun kemudian disebut dengan pseudo-wedding. Dan, bakal dikenakan oleh Katnis saat ia kembali bertarung di permainan Hunger Games yang ke-75, dihelat di Capitol. Untuk kemudian "terbakar" dan bertransisi menjadi kostum mockingjay  yang menyerupai burung berwarna hitam, lengkap dengan sayap di kedua tangan.  

Jika gaun pseudo-wedding hasil kreasi Tex Saverio, maka gaun mockingjay ini adalah karya dari Trish Summerville, perancang yang pernah terlibat sebagai costume designer pada film sukses The Girl with the Dragon Tatoo.

Bahkan sebelum film dirilis, ternyata gaun pernikahan Everdeen ini telah mendulang banyak pujian, yang mana hal ini tentunya semakin melambungkan nama Tex Saverio sebagai seorang desainer berbakat dari Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com