Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2013, 08:28 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Selain tubuh yang perlahan beranjak membengkak, hal lain yang berubah pada perempuan tengah mengandung adalah kulit yang beralih kering dan kusam.

Tidak sedikit perempuan yang mengalami masalah kekeringan pada kulit selama hamil. Jangan biarkan penampilan Anda terganggu, dengan kondisi kulit tubuh menyerupai "kerupuk" yang baru diangkat dari penggorengan!

Penampilan kulit tubuh yang kering dan bersisik tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menurunkan rasa percaya diri ibu hamil. Kulit mengering pada masa kehamilan umumnya diakibatkan kurangnya kadar air. Kondisi paling parah dapat membuat gatal yang tidak nyaman. Membuat Anda terus menggaruk, dan tanpa disadari malah membuat kulit lecet dan menghasilkan luka.

Jika sekarang Anda tengah mengandung dan mengalami masalah kulit yang dijelaskan di atas, saat mandi disarankan untuk tidak menggunakan sabun biasa karena sabun biasa akan menghilangkan kelembaban kulit ibu hamil.

Disarankan untuk menggunakan sabun yang memiliki kadar kelembaban ekstra dan pH seimbang, yang teruji mampu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, jangan malas mengaplikasikan moisturizing lotion, terutama pada area perut. Karena kulit perut mengalami perubahan paling drastis selama masa kehamilan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com