Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2013, 11:03 WIB
Rahman Indra

Penulis

 


 

 

KOMPAS.com — Mal kini menjadi tempat serba ada dan serba bisa untuk melakukan berbagai kegiatan. Menyasar para keluarga, sejumlah pengelola mal menyediakan berbagai fasilitas bermain untuk anak. Berikut beberapa di antaranya:

Senayan City

Di mal yang berlokasi di area Senayan, Jakarta, ini terdapat arena bermain Lollipop’s Playland & Cafe yang terletak di lantai 6 dengan aneka permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Aneka permainan tersebut sebagian besar mengerahkan aktivitas fisik, di antaranya ada permainan flying fox, trampolin, fun ball battle, wall climbing, hingga kelas memasak dan menari. Lollipop juga terdapat di Gandaria City dan Mall Kelapa Gading 3.

Grand Indonesia

Di mal yang berada tak jauh dari Bundaran Hotel Indonesia ini, ada arena bermain bernama Carniville yang terdapat di lantai 3A. Di taman hiburan tersebut tersedia berbagai permainan untuk anak-anak, seperti Magic Bikes, Rio Grande, Fire Brigade, Jump Around, Canoe River, Monorail, dan Mini Rocking Tug.

Plaza Indonesia

Lain lagi di Plaza Indonesia, di mal ini terdapat arena bermain Miniapolis di Level 3 yang memang merupakan area anak-anak. Selain brand-brand untuk anak-anak, di sana ada juga area bermain seperti carousel dan choo-choo train. Selain itu, tim Miniapolis sendiri biasanya juga secara rutin setiap bulannya mengadakan program aktivitas untuk anak bersama dengan tenant yang ada di dalam Miniapolis.

Pacific Place

Di Pacific Place, ada satu arena bermain untuk anak di lantai 6, bernama Kidzania. Ini adalah arena bermain dengan konsep edutainment untuk anak-anak yang dibangun menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya. Ada jalan raya, taksi, bangunan, ritel, hingga minimarket. Untuk alat pembayaran selama bertransaksi di sana, ada uang khusus juga sehingga si anak dikenalkan pada penggunaan uang. Jika mereka mau "bekerja", maka dapat uang tambahan yang nantinya bisa ditabung di "bank" atau dibelanjakan di minimarket. Jenis pekerjaan juga sesuai dengan profesi sebenarnya, seperti kasir, pilot, aktris, atau presenter.

Central Park

Mal yang ada di wilayah Jakarta Barat ini memiliki arena bermain untuk anak di lantai 4, Play House Land. Konsepnya hampir menyerupai Kidzania, tetapi ada beberapa permainan yang berbeda. Setiap permainan ada temanya, misalkan mau jadi perawat, penyanyi, presenter televisi, atau kasir di minimarket. Dengan dekorasi dan aneka mainan yang tersedia, anak-anak akan betah bermain di sini.

Gandaria City

Selain ada arena bermain Lollipop's Playland dan Amazing Town yang menyediakan aneka permainan untuk anak-anak, Gandaria City juga kerap mengadakan acara khusus untuk anak-anak di Main Atrium. Seperti yang diusung untuk libur Natal dan Tahun Baru kali ini, ada Adventure Time, Christmas with Finn & Jake, yang berlangsung dari 29 November 2013 hingga 5 Januari 2014. Di dalamnya selain ada aktivitas meet and greet dengan Finn & Jake, juga ada beberapa wahana seperti Ice King Mountain, Slider, Flying Fox, dan Princess Bubblegum Birdge.

Mal of Indonesia (MOI) Kelapa Gading

Di sini terdapat MOILand yang menyediakan banyak permainan menyenangkan untuk anak. Beberapa wahana juga disediakan untuk anak berusia balita, misalnya mandi bola. Untuk si kecil yang hobi berpetualang, tersedia wahana mendayung atau mobil balap.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com