Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Seru Bareng Keluarga di Jakarta Tak Cuma Mal!

Kompas.com - 23/11/2013, 13:27 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis



Kompas.com -
Ke mal hampir setiap minggu apa tidak bosan? Sebenarnya banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan bersama keluarga tanpa harus ke luar kota. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di sekitar Jakarta.

1. Naik bis transjakarta keliling kota
Ingin mengenalkan anak dengan transportasi umum? Mengajaknya naik bis transjakarta kebanggaan warga Jakarta bisa menjadi pilihan. Jalur busway koridor I (Blok M - Kota) bisa menjadi permulaan karena di jalur ini banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi. Mulai dari museum, stadion Senayan, Monas, dan masih banyak lagi.

2. Museum
Ada banyak museum yang bisa kita kunjungi di Jakarta. Di kawasan kota tua ada Museum Wayang, Museum Seni Rupa, dan juga Museum Bank Mandiri. Kemudian di kawasan Monas Anda bisa mengajak putra-putri ke Museum Nasional atau Museum Gajah. Di kawasan Tanah Abang, ada Museum Tekstil yang memiliki kegiatan belajar membatik.

3. Aktivitas seru di kawasan Car Free Day
Beruntunglah warga Jakarta yang bisa menikmati suasana pagi di hari minggu tanpa terganggu kendaraan bermotor. Di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, entah itu bersepeda bersama keluarga, jogging, bermain roller blade, atau hanya berjalan-jalan menikmati suasana.

4. Makan enak di Petak 9
Presenter dan pecinta batik, Iweth Ramadhan, merekomendasikan kawasan Petak 9 di sekitar Glodok Jakarta sebagai tempat wisata kuliner. "Di sini kita bisa menikmati jajanan enak sekaligus menelusuri kehidupan orang China lama," katanya.

Selain di kawasan Petak 9, Iweth juga menyarankan untuk mencoba Bakmi Orpa di Jl.Kopi Kota. "Ini adalah mi orginal China yang tertua di Jakarta. Orang-orang kaya lama banyak yang suka bernostalgia ke sini. Rasa mi nya tak ada duanya," ujarnya berpromosi.

5. Menjamu keluarga lain
Malas menghadapi kemacetan di akhir pekan? Mengapa tak mengundang keluarga lain untuk makan siang bersama. Akan lebih seru kalau keluarga itu juga memiliki anak yang sebaya sehingga si kecil bisa ikut memilihkan menu untuk temannya. Jika Anda hobi memasak, ajak seluruh anggota keluarga untuk membantu menyiapkan masakannya sehingga rasa kebersamaan lebih terasa.

6. Menikmati taman
Meski Jakarta terkenal dengan belantara gedung tinggi, sebenarnya cukup banyak taman yang asyik menjadi tempat bercengkerama bersama keluarga. Sebut saja Taman Suropati di Jalan Diponegoro, Menteng, Taman Ayodya di dekat Blom M, Taman Menteng di Jalan HOS Cokroaminoto, Taman Situ Lembang di Menteng, Taman Tebet di Tebet, Taman Waduk Pluit, serta Hutan Kota Srengseng di Kembangan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com