Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2013, 07:33 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com — Anda pasti sudah memahami pentingnya tidur 7-8 jam setiap malam untuk membuat tubuh tetap segar dan pikiran lebih fokus. Tetapi tahukah Anda bahwa ada banyak alasan mengapa kita perlu memperhatikan kualitas tidur.

- Wanita perlu lebih banyak
Jika bicara siapa yang perlu lebih banyak tidur, maka wanitalah juaranya. Menurut pakar tidur Jim Horne, kaum wanita perlu ekstra 20 menit waktu tidur dibandingkan pria.

"Wanita cenderung melakukan multi-task, mereka harus melakukan banyak hal sekaligus dan sangat fleksibel. Karena itu mereka menggunakan otaknya lebih banyak daripada pria, itu sebabnya mereka harus tidur lebih lama," kata Horne.

- Dengarkan lagu rock
Sering sulit terpejam di malam hari? Coba keluarkan koleksi CD lagu-lagu rock favorit Anda. Menurut sebuah survei terhadap 6.000 orang di Inggris, terungkap bahwa lagu rock menjadi pengantar tidur yang paling baik. Penyanyi lain yang sering dijadikan "pelantun nina bobo" antara lain Alicia Keys, Mozart, dan Taylor Swift.

- Mempercantik kulit
Ingin memiliki kulit cantik seperti para artis? Cobalah cukup tidur setiap malam. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan orang Spanyol tidur 14 jam untuk mencegah lingkaran hitam di mata.

Aktris Latin Jennifer Lopez juga mengakui bahwa tidur 8 jam setiap malam adalah rahasianya untuk memiliki kulit selalu muda. "Buat saya, yang paling penting untuk tampil cantik adalah tidur, air putih, dan pembersih wajah yang baik," katanya.

- Seperti minum alkohol
Menurut para ahli dari National Sleep Research Project, kurang tidur selama 5 hari berturut-turut memiliki efek sama pada tubuh seperti minum tiga gelas alkohol. Dengan kata lain bisa membuat Anda pusing, sulit fokus, dan meracau.

- Cium wangi bunga
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengundang kantuk, salah satunya adalah mencium wangi bunga. Menurut studi yang dilakukan tahun 2007, menghirup aroma bunga mawar sebelum tidur dan saat tidur bisa meningkatkan daya ingat. Aroma lain yang bisa membuat kita rileks antara lain melati atau lavender.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com